Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Saat yang Tepat buat Ganti Oli

Ghulam Muhammad Nayazri - Selasa, 1 Desember 2015 | 14:51 WIB

Jakarta, Otomania –
Pengecekan oli mesin memang harus dilakukan rutin. Tidak hanya dari batas ketinggiannya, tapi juga dari warnanya. Jika sudah terlihat tidak normal, sebaiknya perlu diganti.

Shofwatuzzaki, Shell Lubricant Technical Advisor Indonesia mengatakan, oli jelas merupakan komponen penting. Fungsinya serupa dengan darah yang ada di dalam tubuh. Jika performanya sudah turun dan dibiarkan, maka organ-organ mesin akan rusak.

“Oli seperti darah di tubuh manusia. Kalau darah kita berkurang, kotor dan buruk komposisinya, organ-organ tubuh akan sakit. Begitupun dengan oli pada mesin kendaraan. Jadi memang tergantung seberapa telat penggantian oli, kalau telatnya sudah keterlaluan, oli bisa menjadi lumpur di mesin. Akan sangat berbahaya,” ujar pria yang akrab disapa Zakki kepada Otomania, Jumat (6/11/2015).

Terkait performa oli sendiri, Frans Manuel, Pemilik Bengkel Faith Autoservice, semakin panas mesin maka oli akan semakin cepat encer. Jika semakin encer maka performanya menjaga gesekan mesin akan berkurang, karena kekentalanya yang hilang.

“Jadi salah satu campuran bahan kimia yang ada pada oli itu untuk menjaga kekentalan oli di dalam mesin. Namun, campuran tersebut ada usianya, jadi ada jangka waktu menggunakannya. Jadi ada titik di mana bahan kimia campuran tersebut, sudah tidak mampu menjaga kekentalan, di situlah oli harus diganti,” ujar Frans.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa