Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Ciri Kopling yang Mulai Rusak

Ghulam Muhammad Nayazri - Minggu, 29 November 2015 | 09:32 WIB


Jakarta, Otomania –
Kopling jadi salah satu komponen yang kerap bermasalah, apalagi ketika melakukan perjalanan melalui jalan menanjak dan kondisi macet. Penyebabnya bisa terjadi karena penggunaan kopling yang berlebihan dan menjadikan selip.

Frans Manuel, mantan teknisi Tunas Toyota  yang saat ini pemilik bengkel Faith Autoservice mengatakan, perhatikan tanda-tanda kopling mengalami keausan atau akan rusak. Jika sudah mengerti, maka cepat lakukan perbaikan.

“Memang perlakuan sedikit berbeda jika mengalami macet di daerah jalan menanjak seperti di puncak. Meski sudah berhati-hati tetap saja terjadi selip pada kopling, meski berbeda-beda setiap pengendara. Jika begitu, pahami gejala kerusakannya, secepatnya perbaiki, agar tidak semakin parah,” ujar Frans, Rabu (26/11/2015).

Pertama, lanjut Frans, timbulnya bau seperti karet terbakar. Hal tersebut menandakan kanvas kopling sudah terbakar, dikarenakan adanya selip yang berlebihan. “Namun, ini masih belum parah, tapi mulailah waspada. Kemudian pergunakan rem tangan,” kata Frans.

Kemudian yang kedua dan cukup terasa efek kerusakannya, yaitu ketika persneling sudah sulit untuk dipindahkan. Jika sudah seperti ini, dan perjalan masih cukup jauh, sebaiknya cari bengkel terdekat.

Jika dua gejala tersebut diabaikan, maka yang ketiga yaitu kopling sudah benar-benar tidak bisa digunakan. Cirinya, mobil tidak mau berjalan, meski persneling sudah masuk ke posisi bergerak dan pedal kopling dilepas.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa