Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rahasia Tenaga Besar All-New Innova Diesel

Ghulam Muhammad Nayazri - Rabu, 25 November 2015 | 10:51 WIB


Jakarta, Otomania –
Selain ada penyegaran dari segi desain dan ditambahkannya fitur menarik, All New Kijang Innova saat ini, punya mesin yang juga performanya lebih baik. Ini terlihat jelas pada Innova terbaru yang menggunakan mesin diesel.

Dibanding dengan mesin sebelumnya, saat ini tenaga yang dihasilkan lebih besar 46,6 tk dibanding model sebelumnya. Peningkatan ini terbilang lumayan besar, meski dari kapasitas silinder mengalami penurunan.

Mesin 2GD-FTV berkapasitas 2.393 cc didukung oleh teknologi Variable Nozzle Turbo (VNT) dengan intercooler, menghasilkan tenaga 146,9 tk serta torsi 34.9 kgm (untuk manual) dan 36.7 kgm (untuk matik).

Penasaran dengan hal tersebut, Otomania coba menanyakan kepada pihak Toyota Astra Motor (TAM). Dadi Hendriadi, General Manager Technical Service (TAM) mengatakan, itu bisa terjadi karena efisiensi pembakarannya sangat ditingkatkan.

Dengan kata lain persentase energi yang terkandung pada  bahan bakar dikonversi menjadi tenaga lebih besar, dibandingkan mesin sebelumnya.

“Pastinya juga dengan dukungan beberapa teknologi, seperti Thermo Swing Wall Insulation Tech (TSWIN) di dinding silinder, lapisan khusus Silica Reinforced Porous Anodized Aluminum (SiRPA) di permukaan atas piston. Lalu ada juga Common Rail system dengan tekanan yang lebih tinggi, jadi pengabutan solar bisa lebih optimal,” ujar Dadi, Rabu (25/11/2015).

Teknologi TSWIN dan SiRPA masing-masing memiliki keampuan untuk meningkatkan torsi dan bisa memberikan pendinginan yang lebih baik di mesin. Lebih dari itu, kata Dadi, ubahan juga terjadi pada design intake manifold, yang memungkinkan udara di atas piston lebih besar, sehingga mengurangi pumping loss (kerugian tenaga pada proses pembakaran).

“Jadi dengan adanya teknologi-teknologi tersebut, membuat performa tenaga mesin terdongkrak walaupun kubikasinya lebih kecil dari mesin diesel sebelumnya," ujar Dadi.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa