Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil dengan Diskon Besar Merusak Pasar

Ghulam Muhammad Nayazri - Kamis, 19 November 2015 | 06:52 WIB

Jakarta, Otomania -
Turunnya pasar otomotif tahun ini, memaksa para Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) untuk menebar diskon. Ini dilakukan semata-mata untuk menarik minat masyarakat melakukan pembelian. Hampir semua merek melakukan trik ini, meski nominalnya berbeda-beda.

Stephanus Ardianto, President Director Nissan Motor Indonesia (NMI) mengatakan, mengambil keputuan untuk melakukan diskon cukup "serba salah". Ada efek-efek yang ditimbulkan dari pemberian potongan harga. Mungkin ada yang menguntungkan, namun tidak dipungkiri ada juga kerugiannya.

"Saya katakan bahwa diskon sendiri serba salah. Untuk jangka pendek nampaknya menguntungkan. Namun, jika dilihat efeknya pada jangka panjang akan cukup merugikan," ujar pria yang akrab disapa Steve, Rabu (18/11/2015).

Steve melanjutkan, diskon akan membuat nilai suatu barang akan menurun. Nantinya bisa merugikan konsumen yang tidak membeli produk tersebut tanpa diskon, karena harga jual kembalinya akan jatuh. Jadi ketika melakukan transaksi diskon, sebenarnya penjual dan pembeli sama-sama tidak "happy".

"ini sudah seperti  obat bius. Mungkin kalo untuk event tertentu bisa saja, tapi kalau terus-menerus, market bisa rusak. Jadi saya sih berharap rekan-rekan ATPM yang besar-besar perlu diberi tahu, kita jangan merusak pasar," ujar Steve.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa