Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Alasan AHM Menempatkan Sonic di Segmen Light Sport

Ghulam Muhammad Nayazri - Sabtu, 8 Agustus 2015 | 07:59 WIB

Jakarta, Otomania – New Honda Sonic 150R yang baru saja dilahirkan PT Astra Honda Motor (AHM) ternyata tidak dianggap sebagai sepeda motor jenis bebek oleh perusahaan. Tapi, justru menciptakan segmen baru yakni Light Sport, berada di bawah segmen sepeda motor sport menengah.

Ahmad Muhibbuddin, Deputy Head of Corporate Communication AHM mengatakan bahwa penamaan ini memang hanya untuk AHM, pada Asosiasi  Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) sendiri, Sonic berada di kelompok sepeda motor bebek.

“Meski di AISI, Honda Sonic tergolong sepeda motor bebek, namun di AHM dibuat segmentasi baru, namun tetap punya landasan, dan alasan pengkategorianya jelas,” ujar pria yang akrab disapa Muhib kepada Otomania, Rabu (5/8/2015).

Muhib menambahkan, memang dari segi sasis masuk di kategori bebek (underbone), namun pada beberapa bagiannya serupa dengan sepeda motor sport, seperti sistem transmisi, kopling manual, mesin yang vertikal, dan suspensi depan yang panjang.

“Maka dari itu, dengan melihat beberapa karakter yang serupa tersebut, AHM akhirnya menempatkan sepeda motor ini untuk duduk di segmen sport,” ucap Muhib.

Kemudian penamaan light (ringan) dilihat dari segmentasi pasarnya yang ditunjukkan untuk anak muda yang baru memiliki sepeda motor, kemudian juga dengan ukurannya yang lebih kecil dan lebih ringan dibanding dengan sepeda motor sport yang ada.

 
Baca juga: Kontroversi Kelas "Light Sport" Honda Sonic 150R

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa