Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Sonic dan StreetFire, Mesin Serupa, Beda Karakteristik

Agung Kurniawan - Kamis, 6 Agustus 2015 | 10:58 WIB
Jakarta, Otomania – Honda memilih untuk meluncurkan dua produk terbarunya secara bersamaan, Sonic 150R dan CB150R StreetFire di Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (5/8/2015). Sesuai namanya, bisa ditebak kalau sepeda motor sport dan bebek "ayam jago" ini dibekali mesin serupa, tapi tak sama.

Yushiyuki Horii, Large Project Leader Sonic 150R Honda R&D Co Ltd Motorcycle R&D Center Jepang, mengatakan karakter New Sonic 150R lebih diarahkan untuk penggunaan jarak dekat di dalam kota dengan pengaturan torsi yang lebih agresif, cepat didapat pada putaran rendah.

Artinya, Sonic lebih ditujukan pada konsumen yang cenderung lebih sering berkendara di dalam kota. Kondisi macet dan banyak lampu merah, membuat situasi "stop-and-go" jadi lebih nyaman dihadapi.

Sementara itu, Kenji Kawai, Large Project Leader CB150R Streetfire Honda R&D Co Ltd Motorcycle R&D Center, Jepang, mengatakan bahwa CB150R lebih memanjakan pengguna dengan torsi dan tenaga besar di putaran mesin menengah ke atas.

”Honda mengatur agar CB150R lebih baik dikendarai di semua karakter jalan, dari kecepatan rendah sampai kecepatan tinggi, terutama untuk jarak menengah dan jauh,” kata Kawai.

Artinya, CB150R Streetfire enak dipakai touring. Apalagi AHM menegaskan bahwa mesin yang digendong adalah generasi baru yang mengalami perbaikan pada ukuran ruang bakar (diameter x langkah), dan menggunakan sejumlah komponen serta teknologi baru.

Data teknis memperlihatkan bahwa keduanya berbeda. CB150R terbaru punya tenaga maksimal 16,66 tk di putaran mesin 9.000 rpm, serta torsi puncak 13,8 Nm @7.000 rpm. Bandingkan dengan Sonic 150 yang punya peak power 15,77 tk @9.000 rpm dan torsi puncak 13,5 Nm @ 6.500 rpm.

Dari data tersebut, bisa dibaca bahwa CB150R disetel lebih punya tenaga, namun Sonic bakal lebih gesit karena torsi puncak yang tak beda jauh bisa didapat pada putaran mesin lebih rendah.

Editor : Agung Kurniawan
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa