Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Adu Gengsi Honda Sonic Vs Suzuki Satria FU

Agung Kurniawan - Kamis, 6 Agustus 2015 | 13:01 WIB
Jakarta, Otomania — Bicara soal segmen remaja yang dibidik Honda lewat produk barunya, Sonic 150R, semua berkaitan dengan gengsi. Anak-anak remaja usia belasan tahun butuh pengakuan dalam lingkungan sosialnya, sehingga bakal memilih tunggangan yang bisa menunjukkan jati dirinya.

Di segmen bebek sport dengan desain "ayam jago", Suzuki Satria FU 150 masih jadi rajanya. Eksistensi bebek bertubuh ramping ini sudah teruji dan banyak digemari kalangan anak baru gede (ABG). Lantas, apa yang akan terjadi kalau Satria FU ditantang oleh pendatang baru Sonic 150R di pasar sepeda motor nasional?

Kedua merek akan saling bersaing strategi memasarkan produk andalannya demi membuktikan unggul di segmen bebek sport, bersama rival tambahan dari Yamaha lewat MX-King 150. Model yang terakhir memang punya kapasitas mesin yang sama, tapi desainnya jauh berbeda ketimbang Sonic dan Satria FU yang sama-sama berjuluk "ayam jago".

Memang belum pantas menyatakan siapa yang paling sukses di pasar, karena usia Sonic juga baru sehari, setelah peluncuran perdananya, Rabu (5/8/2015). Tapi, bagi konsumen, tentu bisa memilah-pilah lewat bekalan spesifikasi yang ditawarkan Sonic atau Satria FU. Berikut pemaparan singkatnya!

Mirip

Secara dimensi, mereka mirip. Sonic sedikit lebih pendek, sedangkan Satria lebih ramping. Jarak jok ke tanah juga mirip, di kisaran 76 cm. Namun, Satria lebih ringan dengan berat kosong 95 kg dibandingkan Sonic dengan 114 kg. Kapasitas tangki bahan bakar Satria lebih banyak 0,2 liter.

Soal mesin, keduanya beda teknologi. Satria masih mengandalkan sistem suplai bahan bakar karburator, sementara Sonic sudah injeksi khas Honda. Keduanya menerapkan teknologi DOHC. Mesin Satria berkapasitas 147,3 cc, sementara Sonic 149,16 cc. Perbandingan kompresi Satria 10,2:1, sedangkan Sonic lebih tinggi, yakni 11,3:1.

Rumors yang berkembang, salah satu keunggulan Satria FU di mata remaja adalah kemudahan untuk memodifikasi. Sistem karburator dianggap lebih praktis untuk urusan memperbesar tenaga sepeda motor. Tapi, bukan berarti Sonic tidak bisa dimodifikasi, hanya butuh ilmu lebih baik, karena menyangkut pemetaan ulang ICU dan lain sebagainya, karena lebih canggih.

Tenaga

Bicara soal tenaga dan torsi, keduanya saling sundul. Satria dan Sonic sanggup mengeluarkan tenaga maksimal yang sama, yakni 16 tk atau setara 15,7 tk. Namun, angka tersebut dicapai pada putaran mesin 9.000 rpm untuk Sonic, dan 9.500 rpm untuk Satria. Torsi puncak Satria lebih kecil, yakni 12,7 Nm @8.500 rpm dibandingkan Sonic di angka 13,5 Nm @6.500 rpm.

Dari angka-angka tersebut sudah bisa digambarkan bahwa akselerasi Sonic akan lebih responsif, dilihat dari torsi lebih besar yang dicapai pada rpm lebih rendah. Namun, bobot Sonic yang lebih berat bisa membuat keduanya seimbang. Simak spesifikasi lengkap pada tabel berikut:


 Spesifikasi

Suzuki Satria F 150

Honda Sonic 150R

DIMENSI

 

 

Panjang x lebar

1.945 mm x 652 mm

1.941 mm x 669 mm

Jarak sumbu roda

1.280 mm

1.275 mm

Jarak terendah ke tanah

140 mm

Editor : Agung Kurniawan
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa