Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Merawat Bodi Vespa supaya "Kinclong" Terus

Ghulam Muhammad Nayazri - Kamis, 30 Juli 2015 | 12:03 WIB

Jakarta, Otomania - Karakteristik bodi Vespa berbeda dengan sepeda motor lain yang ada di pasar. Kalau merek asal Italia itu menggunakan plat baja, mirip seperti mobil, produk Jepang biasanya memilih plastik, namun justru perbedaan ini yang membuat Vespa lebih istimewa.

Perawatan bodi Vespa ternyata berbeda dengan sepeda motor lain. Koh Kim pemilik toko Trend Tik motor yang berlokasi di Jalan Otista Raya Nomor 52, Kampung Melayu, Jakarta Timur mengatakan, penampilan Vespa akan semakin nikmat dilihat kalau dari ujung kepala sampai buritan terlihat mengilap.

"Membuat Vespa klasik atau lansiran terbaru supaya terlihat bagus adalah persoalan mudah, tidak perlu banyak aksesori, tapi buat saja kondisi bodinya selalu mulus dan jauh dari bercak-bercak karat, terutama di beberapa bagian yang berlapis krom," ujar Kim.

Kim mengatakan, salah satu cara untuk mengindari karat pada bodi adalah dengan membeli selubung motor (cover body). Jadi, saat sepeda motor tidak digunakan bisa ditutup, sehingga terjaga dari suhu dan debu menempel yang bisa menyebabkan timbul bercak karat.

Kedua, biasakan selalu membilas Vespa setelah terkena hujan di jalan dengan air bersih. Air hujan terbentuk lewat proses kimia yang panjang, dalam perjalanannya air ini berpotensi mengandung zat-zat tertentu yang bisa membuat besi jadi mudah berkarat.

"JIka memang bercak karat sudah muncul dan belum menyerap hingga ke dalam bagian krom, baiknya langsung bersihkan dengan sikat gigi dan sabun, agar bercak itu tidak semakin menggerogoti," ujar Kim.

Terakhir, untuk menjaga bagian berlapis krom agar terjaga dari karat, bisa memanfaatkan bedak untuk melapisinya.

"Saya berjualan part-part Vespa, kalau barang tersebut belum laku, ya saya rawat agar tidak berkarat. Maka dari itu saya cukup mengerti bagaimana kunci merawat bodi kendaraan ini, karena kalau tidak, bisa rugi besar karena banyak barang yang rusak karena karat," ujar Kim

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa