Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Produsen Mobil China Mau Bangun Pabrik di Pantura

Ghulam Muhammad Nayazri - Minggu, 21 Juni 2015 | 08:03 WIB
Jakarta, Otomania - Upaya mengembangkan potensi ekonomi Jawa Tengah sedang terus dilakukan, salah satunya dengan mambangun ruang industri dan membuka celah investasi. Kepada Otomania, di Jakarta, Sabtu (20/6/2015), Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah menyampaikan, bahwa dalam waktu dekat akan ada industri otomotif yang akan berinvestasi di daerahnya.

Saat ditanyakan terkait dengan nama perusahaannya, Ganjar mengaku lupa. Namun yang pasti, kata Ganjar, perusahaan yang dimaksud berasal dari China dan memproduksi kendaraan roda empat.

"Saya kurang tahu namanya, pake bahasa Tiongkok, tapi yang jelas masa penjajakannya sudah cukup jauh, tinggal tunggu waktunya saja," ucap Ganjar, di sela-sela dialog Teras Kita; Mengurai Keruwetan Arus Mudik, di Jakarta, Sabtu (20/6/2015).

Saat ini, jelas Ganjar, proses negosiasi masih berlangsung, salah satunya dalam hal pemilihan lahan untuk pembangunan pabrik. Tapi, komitmen kuat sudah ditunjukan oleh investor dari China itu, lewat penandatanganan nota kesepahaman.

"Yang pasti mereka menginginkan bahwa kapasitasnya daerahnya bisa bermacam-macam dan value chain-nya bisa dia kembangkan dalam satu kawasan tersebut. Untuk saat ini daerah yang diminta yaitu di sekitar Jalur Pantura," kata Ganjar.

Ganjar menambahkan, Kepala Badan Kordinasi Penanaman Modal (BKPM), Senin (22/6/2015) mendatang, akan mulai melakukan kunjungan ke Jawa Tengah untuk mencari lokasi yang ideal. Observasi dilakukan demi mencari daerah yang tepat, guna menunjang keberlangsungan industri otomotif di Jawa Tengah dalam waktu yang panjang.

"Namun yang pasti, berapa tanah yang nantinya akan diberikan, harus terlebih dahulu dinegosiasikan dengan rakyat, pemda daerah, dan wajib memperhitungkan tata ruang daerah tersebut," ucap Ganjar.


Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa