Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Avanza dan Mobilio Jadi Kandidat Baru Taksi Blue Bird

Agung Kurniawan - Sabtu, 20 Juni 2015 | 17:01 WIB
Jakarta, Otomania — Perusahaan operator taksi terbesar di Indonesia, PT Blue Bird Tbk, mengaku tengah menguji coba dua model kendaraan multiguna atau multipurpose vehicle (MPV), Toyota Avanza dan Honda Mobilio, menjadi kandidat taksi barunya. Upaya ini dilakukan seiring bergulirnya wacana tentang penggunaan taksi reguler jenis MPV di Ibu Kota oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Pengujian sudah dilakukan dalam beberapa bulan terakhir, guna mengetahui daya tahan dan level konsumsi bahan bakar kedua model. Dua faktor ini menjadi penentu utama, apakah model itu akan dipilih jadi taksi baru, jika regulasi resmi dikeluarkan.

"Sudah dua sampai tiga bulan, kami tes saja. Sekarang kan izin taksi di Jakarta cuma sedan, nanti boleh jenis van atau MPV. Ini antisipasi ke situ," ucap Teguh Wijayanto, Head Public Relation Blue Bird, seperti dikutip dari KompasOtomotif, Sabtu (20/6/2015).

Selama ini, Avanza sudah menjadi salah satu andalan perusahaan pada divisi penyewaan mobil di bawah merek Golden Bird. Kini, Blue Bird mulai mengenal Mobilio, low MPV terakhir yang diluncurkan di pasar mobil nasional pada 2013 lalu.

Sebagai angkutan umum di Jakarta yang tidak dalam trayek, perusahaan taksi membutuhkan model dengan level konsumsi BBM yang baik dan ketahanan yang mumpuni. Selain itu, lanjut Teguh, faktor lain juga menjadi pertimbangan, seperti keamanan, kenyamanan, ketersediaan suku cadang, dan kemudahan perawatan.

"Kami belum putuskan," ucap Teguh, ketika ditanya apakah perusahaan sudah menentukan model yang akan digunakan.

Selain uji kualitas, salah satu yang jadi pertimbangan dalam memilih Avanza atau Mobilo adalah harga beli. Biasanya, penggunaan mobil pelat kuning punya keuntungan berupa tidak membayar Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Namun, hal ini akan dipertimbangkan kemudian, menunggu peraturan resmi dikeluarkan.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa