Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Restorasi Lewat 24 Provinsi

Ghulam Muhammad Nayazri - Selasa, 19 Mei 2015 | 07:01 WIB

 

Jakarta, Otomania - Modifikasi tidak melulu mengubah bentuk asli menjadi baru, tapi juga ada aliran mengembalikan sepeda motor lawas ke bentuk aslinya dulu, alias restorasi. Hal inil yang dilakukan Dimas, pemilik toko aksesoris dan modifikasi Kelontong Motor Jadoel (KMJ) terhadap tunggangan roda dua miliknya.

Sepeda motor Honda CB175 Twin lansiran tahun 1969, mulai ditata Dimas perlahan-lahan demi mendapatkan rupa asli sang bintang tahun 70-an itu. Kelir biru dikombinasikan dengan warna putih menjadi pilihan Dimas, namun tetap tidak melenceng dari konsep kembali pada wujud awal.

 "Warna biru putih merupakan warna orisinil sepeda motor ini. Jika kita coba cari di Google, maka pilihan warna yang muncul adalah biru, merah dan emas," ujar Dimas kepada Otomania, (18/5/2015).


Dimas mengatakan, perubahan memang tidak banyak dilakukan, namun perjuangan untuk mendapatkan suku cadang asli itu yang cukup menggerogoti kesabaran.  Seperti salah satunya adalah tutup gear depan yang sangat langka copotannya.

"Mungkin bisa sampai 24 provinsi mencari suku cadang yang asli, sungguh sulit ditemukan. Solusi terakhir saya adalah dengan meminjam milik teman dan mencetaknya sendiri. Plat galvanis 1 mm jadi pilihan bahan, dan simsalabim, cukup mengobati, meski tetap tidak puas," ujar Dimas.

Penambahan lain yang dilakukan Dimas adalah lampu sein, sarung jok, knalpot milik CB 125 yang masih terlihat serupa, kemudian pada bagian belakang dipasangkan side box sehingga berkesan seperti motor "Chips" pada film Warkop.  Kaki-kaki dibuat standar Honda, pelek depan dan belakang berdiameter 17 inci dibalut ban 2,15 dan 2,50. Pembaharuan juga disematkan Dimas pada penyangga jok dengan sistem hidrolik.

Bagian mesin juga masih dipertahankan Dimas dengan kondisi aslinya masih menggunakan platina sebagai sistem pengapiannya. "Platina jika bagus dan baik setelannya maka akan lebih asik tarikannnya dibanding yang CDI," ujar Dimas.


 

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa