Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Menyiasati Roda Depan Goyang pada Bebek "Jadul"

Ghulam Muhammad Nayazri - Selasa, 12 Mei 2015 | 11:13 WIB

Jakarta, Otomania - Kecintaan Muhammad Faizal pada sepeda motor bebek (cub) lama (jadul), ternyata membawanya pada penemuan, yang bisa menjadi solusi salah satu permasalahan yang sering dialami model ini.

"Saya suka dengan motor jenis ini, jadi bagaimanapun saya akan berusaha untuk membuatnya tetap nyaman. Hingga akhirnya saya menemukan permasalahan ini dan juga menemukan solusi," ujar Rizal yang juga pemilik bengkel modifikasi Wander Machine, Senin (11/5/2015).

Rizal menjelaskan, penyakit yang selalu dialami bebek jadul ini ada di sokbreker depan. Suspensi bawaan pabrik yang tidak teleskopik membuat lebih rentan terhadap gangguan. Seperti roda mudah goyang, posisi roda menjadi tidak center, kendali menjadi tidak sempurna, dan saat melewati jalan rusak kontrol jadi terganggu.

"Jenis sokbrekernya fork parkit. Menggunakan tuas as yang berfungsi sebagai perantara antara roda dan suspensi. Jadi tidak seperti sokbreker pada umumnya, dan titik lemahnya adalah parkit yang berada di posisi belakang yang menghubungkan fork dengan tuas. Plus laher pabrikan yang terbuat dari bahan pvc membuat mudah terkikis dan menjadi 'oblak' ,"ujar Rizal.

Mengatasi hal tersebut akhirnya Rizal menemukan "laher bambu" sebagai solusi permasalahan tersebut. Penggunaan laher bambu beserta pen yang dibuat RIzal, menjadikan sokbreker dan ban depan jadi lebih nyaman tanpa ada gangguan. "Kita biasa menyebut laher bambu, berfungsi untuk meringankan gesekan, lebih lentur, dan tahan lama," beber Rizal.

Rencananya Rizal akan memproduksi paket komponen berikut dengan parkit set. Namun untuk saat ini hanya menyediakan ongkos pemasangan. "BIsa datang ke rumah dengan membawa sokbreker beserta fork, untuk pemasangan laher bambu berikut jasa pemasangan  Rp 250.000," ujar Rizal.

Berminat? Sambangi Wander Machine di kawasan Cipinang Muara, Jakarta, atau hubungi 081266762971.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa