Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Anis Baswedan Imbau Warga Jalan Kaki Atau Bersepeda Untuk Mobilitas di Jakarta

Adi Wira Bhre Anggono - Jumat, 5 Juni 2020 | 14:00 WIB
Langit biru terlihat dari Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (8/4/2020). Sepinya aktivitas warga Ibu Kota karena pembatasan sosial membuat langit Jakarta cerah dengan tingkat polusi yang rendah.
Kompas.com/Garry Lotulung
Langit biru terlihat dari Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (8/4/2020). Sepinya aktivitas warga Ibu Kota karena pembatasan sosial membuat langit Jakarta cerah dengan tingkat polusi yang rendah.

Otomania.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan imbau warganya untuk berjalan kaki atau bersepeda untuk mobilitas.

Hal tersebut guna mendukung mobilitas sehari-hari warga selama masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Juni ini.

"Untuk bapak ibu sekalian, saya ingin menjelaskan beberapa protokol penting yang harus jadi perhatian selama masa transisi ini, untuk pergerakan penduduk utamakan jalan kaki dan bersepeda.

Tapi yang terpenting tetap di rumah , cuci tangan tiap kembali bepergian, batasi tamu datang atau jaga jarak," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Kamis (4/6/2020), seperti dikutip Antara.

Baca Juga: Jakarta Diramalkan Bisa Macet Total Jika Tak Ada Alat Transportasi Alternatif Selama Pandemi

Kendati demikian, Anies menyebutkan bahwa untuk kendaraan bermotor baik sepeda motor ataupun mobil masih bisa beroperasi dengan protokol kesehatan.

"Jadi kendaraan-kendaraan umum bisa beroperasi, dan kendaraan umum ini beroperasi dengan 50 persen kapasitas, dengan menggunakan prinsip jaga jarak.

Lalu kendaraan non-umum, seperti ojek dan mobil, itu bisa beroperasi dengan protokol COVID-19," katanya.

Pemprov DKI memperpanjang masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta selama Juni 2020.

Baca Juga: Bandar Tekor! Bus Ngandang Selama Pandemi Bikin PO Primajasa Group Rugi Sampai Rp 45 Miliar per Bulan

"Berdasarkan pertimbangan para ahli termasuk epidemiologi dan kesehatan masyarakat, kami menetapkan bahwa status PSBB di Jakarta ini diperpanjang," kata Anies.

Kata Anies, bulan Juni adalah sebagai masa transisi dari PSBB yang masif menuju kondisi aman, sehat dan produktif.

"Periode pada Juni ini, adalah periode di mana berbagai kegiatan sosial, ekonomi dan keagamaan sudah bisa dilakukan secara bertahap dengan batasan yang harus ditaati," tutur Anies.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anies Imbau Utamakan Jalan Kaki dan Bersepeda untuk Mobilitas di Jakarta".

Editor : Adi Wira Bhre Anggono
Sumber : Kompas.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa