Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Etios Valco Akhirnya Menutup Mata Selamanya

Irsyaad Wijaya - Selasa, 30 Januari 2018 | 11:24 WIB
Toyota Etios Valco resmi tak diproduksi lagi
Toyota
Toyota Etios Valco resmi tak diproduksi lagi

Otomania.com — City Car yang diproduksi PT Astra Toyota Motor, Etios Valco, resmi stop diproduksi di Indonesia. Sebenarnya kabar ini sudah lama berhembus sejak 2016 lalu, tapi itu tak langsung berhenti total.

Pada 2017, tepatnya bulan Oktober akhirnya PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) resmi stop produksi.

Kabar berhentinya produksi ini dibenarkan Teguh Trihono, General Manager External Affairs Division TMMIN. Dia mengatakan dan memastikan jika pihak Toyota sudah merapatkan dan mengambil keputusan untuk berhentikan produksi Etios Valco.

“Iya betul, produksi Etios di TMMIN sudah selesai pada akhir Oktober 2017 lalu,” ujar Teguh.

Etios valco bisa dibilang hanya seumur jagung di Indonesia, sekitar 4 tahunan beredar. Pertama kali lahir di Indonesia pada 2013 dengan membawa brand sebagai city car dan diproduksi di pabrik kedua TMMIN Karawang, Jawa Barat.

(BACA JUGA: Inikah Sinyal Toyota Etios Valco Bakal Disuntik Mati?)

Berhentinya produksi Etios Valco ini karena minat pasar yang terus anjlok sejak pertama muncul hingga ujungnya pada 2017 akhir lalu. Hal itu bisa dibuktikan dari data penjualan wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sejak pertama meluncur hingga akhirnya tutup usia.

Awal muncul capai penjualan sebesar 12.747 unit, lalu pada 2014 turun ke 10.041 unit, kemudian 2015 menjadi 5.633 unit. Berlanjut pada 2016 menjadi 3.444 unit, dan angka paling parah pada 2017 hanya sebesar 665 unit.

Total penjualan dari awal hanya sebesar 32.530 unit. Nah untuk stok sampai sekarang yang masih tersisa di diler hanya puluhan unit.

Hal itu dikatakan sumber lain yaitu Fransiscus Soerjopranoto, Excecutive General Manager Toyota Astra Motor (TAM). “Saat ini stoknya hanya tinggal 30-an unit,” ujar Soerjopranoto.

(BACA JUGA: Toyota Etios Valco Tinggal Menghitung Hari )

Soerjopranoto juga mengatakan stok tersebut hanya butuh waktu satu bulan untuk menghabiskannya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa