Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Perbedaan Motor Retro Honda CB-Series dan CG-Series

Irsyaad Wijaya - Senin, 22 Januari 2018 | 08:45 WIB
Iklan Honda CB 100 pertama kali
Honda
Iklan Honda CB 100 pertama kali

Otomania.com - Akhir-akhir ini motor lawas milik Honda yaitu CB 100 dan 125 atapun CG 110 dan 125 sedang digemari. Motor tersebut kebanyakan dimodifikasi ekstrem dengan mengganti mesinnya pakai Honda Tiger atau Mega Pro.

Tak jarang juga yang masih cinta produk ini hingga rogoh kocek dalam untuk merestorasinya menjadi seperti pertama keluar dari diler. Tapi, tahukah Anda, perbedaan dari Honda CB dan CG?

Buat yang gemar motor lawas, pasti sudah tahu, tapi bagi yang baru kenal bisa jadi sedikit bingung.

Jika membedakan dari wujudnya memang sedikit susah. Sebab, Honda CB dan CG tampangnya hampir sama. Kebingungan pasti bertambah saat logo atau emblemnya dilepas.

Sebenarnya konstruksi mesin antara Honda CB dan CG sangat berbeda. Pada Honda CB-series konstruksi mesin mengadopsi tipe Overhead Camshaft (OHC). Rata-rata motor keluaran sekarang masih sama adopsi konstruksi mesin ini.

(BACA JUGA: Begini Cara Dongkrak Harga Motor Lawas yang Mau Dijual)

Nah, berbeda cerita dengan mesin Honda CG110 atau CG125, mesinnya tak memakai rantai keteng atau (kamrat). Hal itu karena konstruksi mesinnya menggunakan teknologi Overhead Valve (OHV) yang pakai push rod.

Ilustrasi mesin OHV Honda CG125, rantai keteng diganti push rod
world.honda.com
Ilustrasi mesin OHV Honda CG125, rantai keteng diganti push rod

Sederhananya pada mesin Honda CG-series, posisi camshaft atau noken as berada di area silinder, berbeda dari motor zaman sekarang yang posisinya ada di Head Silinder. Contohnya OHC yaitu SOHC atau DOHC.

Honda menciptakan teknologi OHV ini karena pada tahun 1970-an, motor ini digunakan untuk kelas pekerja yang sering disiksa tanpa ampun dan jarang ganti oli. Dengan teknologi ini mesin lebih awet dari pada sistem OHC yang gampang rusak part bearing noken as mesinnya ketika disiksa keras dan jarang mengganti olinya.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa