Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pelumas yang Cocok buat Motor Lawas

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 18 Oktober 2016 | 09:45 WIB

Jakarta, Otomania – Pelumas pada mesin sepeda motor menjadi bagian penting dalam proses kerja mesin. Kehadiran pelumas membuat mesin dapat bekerja maksimal dengan temperatur optimal saat digunakan.

Pelumas yang baik tentu juga berfungsi untuk melindungi komponen di dalam mesin sepeda motor. Ternyata untuk motor yang sudah cukup berumur, jenis pelumas yang digunakan berbeda dengan motor baru.

“Sepeda motor baru dan lama itu berbeda pelumasnya. Ini karena kondisi komponen yang juga berbeda antara motor lama dan baru,” ucap Direktur Sales & Marketing PT Pertamina Lubricants, Andria Nusa saat ditemui Otomania belum lama ini.

Apapun jenis sepeda motornya, apabila mesin sudah cukup lama digunakan alias berumur, komponen mesin di dalamnya juga berubah kerapatannya. Komponen-komponen yang sebelumnya rapat satu dengan yang lain, akan semakin memiliki jarak alias renggang.

“Komponen akan semakin longgar setelah digunakan. Baiknya pemilik motor mempertimbangkan untuk menggunakan oli yang semakin kental. Pelumas yang semakin kental akan menutupi hingga ke sela komponen yang longgar tersebut,” ucap Andria.

Andria menyarangkan apabila menggunakan pelumas yang spesifikasinya 10W-60 dapat diubah menjadi 20W-40. Selain itu, pelumas yang semakin kental dapat meredam suara mesin yang terdengar kasar. Ini menjadi penyakit yang selalu datang pada mesin motor berumur.

“Ciri suara mesin yang berumur itu terdengar kasar. Coba ganti dengan pelumas yang lebih kental, suara akan diredam,” ucap Andria.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa