Solusi Pengganti Cover Bodi Motor Lawas

Stanly Ravel - Senin, 16 Mei 2016 | 10:05 WIB

Jakarta, Otomania - Populasi sepeda motor lawas seperti Honda Grand dan Astrea Prima masih cukup banyak di Jakarta. Meski kondisi fisik mesin masih baik, tapi umumnya cover bodi sudah banyak yang rusak.

Mencari cover bodi untuk motor yang sudah berusia lawas bukan perkara mudah, tapi bengkel modifikasi Taucho Custom punya cara mengakalinya, yakni dengan membuat ulang dari plat besi. Secara tampilan, kustom bodi yang dilakukan bisa dibuat serupa dengan aslinya, bahkan dijamin lebih awet.

"Untuk pembuatan bodi sebenarnya bisa untuk semua model, tapi kami fokus ke motor yang lumayan tua, seperti Honda Grand dan Astrea Prima. Kalau mencari bodi asli sudah pasti susah, harganya juga mahal, jadi diakali bikin dari plat yang bentuknya menyerupai bawaan pabrik," ucap Topo punggawa Taucho Custom kepada Otomania, Selasa (10/5/2016).

Selain lebih awet, plat yang digunakan juga tidak membuat bobot kendaraan bertambah berat, karena ketebalannya lebih tipis dibandingkan bodi asli yang dibuat dari fiber dan plastik. Asiknya lagi, pemilik motor bisa memodifikasi bentuk bodi agar tampilan motor lebih unik.

"Untuk pengerjaan dilakukan per komponen mengikuti bentuk dan dudukan asli bawaan pabrik. Untuk modifikasi bentuk bisa saja, tapi dimensi ukuran tetap mengambil sama dengan aslinya," kata Topo.


Meski memiliki kelebihan, tapi Topo mengakui adanya kelemahan pada plat bodi, yakni karat. Oleh karena itu ia menyarankan pemilik motor untuk merawat motor dengan baik dan selalu mengeringkan motor secara teratur setelah di cuci.

Bagi yang berminat, harga bodi kustom ini dipasarkan Rp 350.000 per komponen yang sudah lengkap dengah harga cat. Sedangkan masa pengerjaan memakan waktu dua sampai tiga hari, tergantung dari dimensi bodinya, semakin kecil akan sedikit lebih lama karena proses pembentukan yang lebih detail.

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa