Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cafe Racer Rasa "Roti Cane"

Stanly Ravel - Rabu, 11 Mei 2016 | 13:42 WIB

Jakarta, Otomania - Modifikasi menjadi langkah mudah dalam merubah tampilan sepeda motor sesuai selera. Seperti halnya yang dilakukan bengkel Taucho Custom ketika meramu motor keluaran India, Bajaj Pulsar 180 cc, menjadi cafe racer bergaya British.

Konsep pengerjaan tidak sampai merombak habis-habisan, hanya mengedepankan tampilan. Meski demikian tetap ada nilai seni dengan penempatan beberapa variasi dan kustom handmade.

"Konsepnya sederhana, hanya merubah tampilan asli Bajaj jadi motor cafe racer seperti maunya pemilik. Intinya menghilangkan kesan motor India," ucap Topo, punggawa Taucho Custom saat disambangi Otomania di kawasan Beji, Depok, Senin (9/5/2016).


Pengerjaan pertama adalah melepaskan seluruh bodi bawaan pabrik, dan digantikan dengan cover buatan tangan alias handmade dari plat galvanis 0,7 mm. Termasuk juga urusan tangki bahan bakar dan buntut tawon yang menjadi ciri cafe racer.

Untuk rangka hanya dipapas sedikit pada bagian belakang. Fungsinya untuk membuat dimensi rangka tidak terlalu panjang mengingat jok yang digunakan hanya untuk satu orang.

Untuk memberikan keunikan, tepat di bawah tangki dan disamping sasis utama diberikan besi panjang seperti roll bar. Hal ini berguna mendongkrak tampilannya yang membuat motor India ini makin kental dengan nuansa sporty.


Selesai dengan urusan atas, giliran sektor kaki-kaki yang digarap. Untuk urusan ini, Topo masih mempertahankan sok depan bawaan Pulsar tapi diperkuat dengan ban berdimensi besar keluaran Swallow dengan ukuran 400x17, lengkap dengan cakram lebar.

Sedangkan bagian belakang, swing arm terpaksa dibuat ulang agar ban dengan ukuran 400x18 bisa masuk. Sebagai penunjang tampilan, knalpot pun sudah menggunakan model kustom hasil garapan Kwangen Exhaust Specialis yang merupakan bengkel khusu knalpot milik Taucho Custom.


Sebagai penutup, piranti variasi mulai dimainkan. Mulai dari headlamp berpenampilan gahar, speedometer analog, spion aftermarket, bahkan sampai emblem BMW melekat pada kedua sisi tangki.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa