Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pemilik Mobil Bermuka Dua Akui Kesalahannya

Fedrick Wahyu - Rabu, 17 Januari 2018 | 18:11 WIB
Roni Gunawan (71) Kepala Bengkel Gemah Ripah (GR) Taxi, pemilik mobil bermuka dua
KompasOtomotif
Roni Gunawan (71) Kepala Bengkel Gemah Ripah (GR) Taxi, pemilik mobil bermuka dua

Otomania.com - Mobil unik bermuka dua yang ditilang polisi hari Senin (15/1) lalu cukup banyak diperbincangkan masyarakat. Mobil modifikasi itu dikenakan Pasal 275 Ayat 2 tentang Persyaratan Teknis, dan Pasal 286 tentang Persyaratan Laik Jalan Undang-Undang Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009.

Roni Gunawan yang saat itu mengendarai mobil itu sekaligus kepala Bengkel Gemah Ripah (GR) Taxi, hendak membawa mobil bermuka dua itu ke rumahnya. Saat itu mobil berwarna oranye itu dikendarai sopirnya. Karena rumahnya berada di daerah Setiabudi, mereka pun berkendara dari Garasi GR Taxi melalui Jalan Sukajadi.

(BACA JUGA: Penjelasan Teknis Mobil Bermuka Dua yang Ditilang di Bandung)

Saat ditengah perjalanan, polisi menghentikan kendaraan yang sangat unik itu. "Iya, rencananya hari itu, saya mau bawa mobil ini untuk disimpan di rumah, enggak nyangka ditilang," kata Roni di Garasi GR Taxi, di Jalan Babakan Cibereum, Kota Bandung, Rabu (17/1/2018) dikutip dari KompasOtomotif.

Toyota Vios bermuka dua
Toyota Vios bermuka dua

Roni mengakui kesalahannya bahwa mobil itu bukan untuk digunakan di jalan umum. Lantaran izin ubah bentuk dan ganti warna (rubentina) kendaraan miliknya belum keluar. "Kesalahannya ubah bentuk ganti warna belum, itu harus diuruskan dulu ke Dishub, Polda Jabar, sama Astra," ujarnya.

(BACA JUGA: Masalah Mesin Turbo Diesel Bisa Diketahui Dari Siulannya)

Mobil bermuka dua itu awalnya adalah kendaraan operasional taksi berpelat kuning. Tapi, saat ini mobil itu berubah menjadi pelat hitam atau menjadi kendaraan pribadi. "Sekarang pelatnya sudah hitam, itu sudah selesai saya urusi dan turun awal Januari kemarin," ujarnya.

Dia juga tidak menyangkal bahwa mobil ini punya dua pelat dan surat-surat. Sebab, mobil ini memang asalnya dari dua mobil yang disatukan. Roni berniat tidak akan menggunakan mobil bermuka dua ini di jalanan umum. Ia hanya akan menyimpannya di rumah.

Dua bagian depan mobil disatukan
Kompas.com
Dua bagian depan mobil disatukan

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa