"Pertamini" Menjamur, Pertamina Meradang

Donny Apriliananda - Jumat, 8 Desember 2017 | 13:05 WIB
Ilustrasi penjual bensin Pertamini.
Tribun Bali
Ilustrasi penjual bensin Pertamini.

Otomania.com - Penjual bensin eceran yang melabeli dirinya dengan "Pertamini" makin banyak ditemui. Bermodal dispenser ciptaan sendiri, dengan nozzle yang mirip disepenser SPBU, keberadaan mereka tak mungkin dikontrol.

Di satu sisi, kehadiran penjual bensin eceran cukup membantu pengendara yang kemungkinan habis bensin sebelum mencapai SPBU. Atau bisa juga jadi "dewa penyelamat" daerah terpencil yang jarang ada SPBU.

Tapi, seperti dikutip dari motorplus-online.com, pihak pihak Pertamina cukup dibikin meradang dengan hadirnya Pertamini. Dianggapnya, Pertamini sudah melakukan plagiat atas merek penjualan BBM Pertamina.

(BACA JUGA: Pertamina Naikkan Harga Pertalite dan Pertamax Series)

"Pertamini itu sebenarnya bukanlah bagian dari perusahaan kami Pertamina, itu kan hanya dimiripkan namanya saja. Agen kami bukan, perpanjangan dari kami juga bukan. Jadi enggak ada kaitannya dengan Pertamina," ujar Deny Djukardi W, Commercial Retail Fuel Marketing Manager Pertamina, di Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Deny mengaku belum bisa mengetahui kadar kandungan yang ada di dalam Pertamini. Dia juga memastikan bahwa standar keamanan Pertamini tidak akan mungkin mengikuti standar dari Pertamina.

Menurut dia, asosiasi masyarakat secara tidak langsung juga merugikan Pertamina. Pasalnya, Pertamini tak memiliki standar khusus terkait keselamatan operasi dan pelayanan SPBU.  "Yang pasti standar keamanan Pertamini dengan Pertamina itu beda," ucapnya.

(BACA JUGA: SPBU Terlaris di Dunia Ada di Indonesia, Simak Lokasinya)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa