Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penyebab Macet, Pintu Tol Cikarang Utama Mau Dibongkar?

Aditya Maulana - Kamis, 13 Juli 2017 | 07:05 WIB
Antrean kendaraan di Gerbang Tol Cikarang Utama
(GARRY ANDREW LOTULUNG/Kompas.com)
Antrean kendaraan di Gerbang Tol Cikarang Utama

Jakarta, Otomania.com - Akhir bulan ini PT Jasa Marga menerapkan sistem pembayaran baru di ruas Tol Jagorawi. Gerbang Tol Cibubur Utama dan Cimanggis akan dinonaktifkan, karena menjadi penyebab macet.

Sehingga, nanti sistem pembayaran di jalur A (Jakarta-Bogor) pengguna mobil hanya membayar di pintu keluar masing-masing, sementara jalur B (Bogor-Jakarta) di gerbang Tol Bogor saja.

Sistem yang sekarang masih diterapkan di Jagorawi sama seperti di Tol Cikampek. Gerbang Tol Cikarang Utama (Cikarut) menjadi salah satu penyebab kemacetan karena transaksi pembayaran dan mengambil kartu dilakukan di situ.

Lantas, apakah akan ikut diubah seperti sistem baru di Jagorawi? Subakti Syukur, Direktur Operasional 2 Jasa Marga menjelaskan, ke depan bisa diterapkan hal serupa di Cikarut, tetapi kapan waktunya belum bisa diinformasikan.

"Kita inginnya seperti itu, karena sistemnya sama dan penyebab kemacetan," kata Subakti saat dihubungi Otomania.com belum lama ini.

Subakti berharap pemerintah juga mendukung penerapan sistem baru di jalan Tol Cikampek. Apalagi ruas jalan bebas hambatan itu cukup sibuk setiap harinya.

"Mudah-mudahan dalam beberapa waktu ke depan bisa seperti itu. Kita sekarang fokus dulu ke Jagorawi yang targetnya akhir bulan ini dimulai," kata dia.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa