Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Alasan Motor Dilarang Naik Jalan Layang Non Tol

Setyo Adi Nugroho - Senin, 10 Juli 2017 | 08:45 WIB
Jalan Layang Non Tol di Jakarta
KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
Jalan Layang Non Tol di Jakarta

Jakarta, Otomania.com – Video sepeda motor melawan arah turun dari jembatan layang non tol (JLNT) Kampung Melayu – Tanah Abang viral. Kejadian ini tentu mengundang pertanyaan pada alasan kenapa sepeda motor dilarang melintas di JLNT tersebut.

JLNT yang memiliki panjang 3,5 km tersebut memotong arus lalu lintas dari arah Kampung Melayu sampai ke kawasan kuburan Karet hingga lebih cepat. Kemudahan ini tentu membuat para pengendara motor yang tidak ingin bertemu kemacetan di sepanjang jalan Prof. Dr. Satrio tergoda untuk melewatinya.

Sayangnya pengguna sepeda motor tidak memahami risiko apabila sepeda motor melintasi JLNT tersebut. Tidak hanya di JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang, di beberapa ruas JLNT lain pun terlarang untuk dilewati sepeda motor.

Dari beragam sumber, alasan sepeda motor dilarang melewati JLNT hampir sama dengan alasan sepeda motor dilarang melewati jalan tol. Salah satu yang ditekankan adalah adanya kemungkinan pengendara motor celaka akibat kuatnya angin di atas JLNT tersebut.

Selain itu jalur yang menyatu dengan jalur kendaraan roda empat atau lebih yang memiliki kecepatan dan fisik lebih besar dari sepeda motor jadi potensi masalah. Pesepeda motor bisa jadi korban, penyebab kecelakaan atau terlibat dalam kecelakaan.

Salah satu kasus yang jadi perhatian dan masih diingat adalah peristiwa kecelakaan suami istri yang berkendara motor lewat JLNT ini. Pasangan tersebut ditabrak mobil yang melintas dan sang istri terpental dan terjatuh dari ketinggian 15 meter.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa