Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Audio "Mobil Murah", Perhatikan Ini

Setyo Adi Nugroho - Sabtu, 8 Juli 2017 | 10:42 WIB
Interior Datsun retro stylish
Stanly/Otomania
Interior Datsun retro stylish

Jakarta, Otomania.com – Mobil murah alias low cost green car (LCGC) biasanya hadir dengan perangkat audio minimalis. Bagi pemilik yang menginginkan peningkatan kenyamanan seperti monitor dengan pemutar DVD atau siaran televisi tentu harus melirik produk aftermarket di pasaran.

Perhatian diberikan pada bagian head unit. Saat ini telah tersedia beragam head unit di pasar dengan layar sentuh dan kemampuan memutar beragam jenis file audio.

“Mobil LCGC untuk pemasangan monitor TV atau layar biasanya dilakukan dengan memodifikasi dashboard tengah. Tinggal cari produk yang sesuai dengan ukuran dan dana yang tersedia,” ucap Udin dari Din Audio MGK Kemayoran beberapa waktu lalu.

Untuk pemilik yang menginkan tambahan hiburan bagi penumpang di baris kedua, seperti monitor headrest, ada perhatian khusus. Pasalnya beberapa produk LCGC seperti Brio, Datsun Calya dan Sigra memiliki jok model menyatu yang tidak memiliki sandaran kepala terpisah seperti mobil lain.

Solusinya adalah dengan membongkar jok bawaan pabrikan atau mengaplikasikan aksesori roof monitor yang banyak ditawarkan di pasaran. Paling ekstrim, membuat bobokan atau bolongan di bagian belakang kursi depan.

“Nanti jok asli dibobok, kemudian monitor menggunakan monitor tipis yang ada bracket. Nanti biar kuat bracket tersebut disambungkan ke rangka jok. Untuk roof monitor paling diperhatikan tempat pemasangannya, biasanya ada tambahan ganjalan. Ukurannya layarnya pakai sembilan inci,” ucap Indung dari Carav Audio MGK Kemayoran di waktu yang sama.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa