Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bijak Pakai "Engine Brake", Makan Usia Komponen

Febri Ardani Saragih - Rabu, 5 Juli 2017 | 08:25 WIB
Posisi mengemudi bisa dibuat ideal berkat tilt steering.
Agung Kurniawan
Posisi mengemudi bisa dibuat ideal berkat tilt steering.

Jakarta, Otomania.com – Salah satu komponen yang bekerja ekstra waktu engine brake plus menurunkan gigi transmisi atau clutch braking yakni kampas kopling. Maka itu hindari keduanya dilakukan dalam batas tidak wajar misalnya sering dilakukan saat putaran mesin terlalu tinggi.

Saat engine brake dilakukan, selama beberapa saat putaran mesin bekerja bukan karena pembakaran tetapi memanfaatkan inersia dari roda gila. Tentu kita tahu, kampas kopling menempel dengan roda gila sebagai penghubung transmisi.

“Jadi yang menahan putaran mesin kan kampas kopling, ya bakal cepat aus. Berkurang, berkurang, dan berkurang begitu,” kata Arifani Perbowo, Logostic and Production General Manager Kia Mobil Indonesia, Selasa (4/7/2017). 

Engine brake adalah aplikasi yang membantu pengereman tanpa terlalu membebani kampas rem. Meski begitu di lain sisi, engine brake memangkas usia kampas kopling. Mengingat harga kampas kopling jauh lebih mahal daripada kampas rem, ada baiknya pengemudi bijak menggunakan engine brake.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa