"Remote" Mobil Lumpuh karena Tiang Pemancar? Begini Solusinya

Febri Ardani Saragih - Rabu, 28 Juni 2017 | 09:05 WIB
Jika baterai remote keyless habis, hanya tinggal hadapkan logo Toyota pada tombol engine start stop.
Ghulam/Otomania
Jika baterai remote keyless habis, hanya tinggal hadapkan logo Toyota pada tombol engine start stop.

Jakarta, Otomania.com – Jangan merasa aneh kalau tiba-tiba pintu mobil tidak bisa dibuka pakai kunci remote saat parkir di tempat yang tidak dikenal. Coba tengok dulu kanan-kiri, bisa jadi Anda parkir dekat tiang pemancar atau menara BTS (Base Transceiver Station).

Kekuatan tiang pemancar menyebar frekuensi bisa mengganggu kunci remote. Dampaknya, frekuensi kunci remote terhalang hingga bikin kunci di pintu tidak bisa terbuka. Efek lainnya, bisa membuat mobil juga tidak bisa menyala.

Rekomendasi dari Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager Toyota Astra Motor buat mengatasi hal itu, dekatkan kunci remote ke modul receiver-nya. Lokasinya bisa berbeda-beda pada tiap mobil, ada yang di pilar atau dekat dasbor.

“Coba dekatkan kunci remote ke lokasi modul di dalam mobil, lalu pencet untuk membuka pintu, kadang itu bisa membantu,” ucap Iwan kepada Otomania.com, Selasa (27/6/2017).

Bila hal itu bukan solusinya, pemilik bisa membuka pintu mobil pakai kunci mekanis. Konsekuensinya, alarm bakal menyala namun jangan khawatir sebab bisa dimatikan kemudian.

Buat menyalakan mesin, terutama untuk kunci remote yang sudah keyless, dekatkan ke modul receiver yang lokasinya di rumah kunci starter. Jika belum bisa menyala juga, terpaksa mobil harus didorong menjauhi tiang pemancar.

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X