Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

"Remote" Mobil Lumpuh karena Tiang Pemancar? Begini Solusinya

Febri Ardani Saragih - Rabu, 28 Juni 2017 | 09:05 WIB
Jika baterai remote keyless habis, hanya tinggal hadapkan logo Toyota pada tombol engine start stop.
Ghulam/Otomania
Jika baterai remote keyless habis, hanya tinggal hadapkan logo Toyota pada tombol engine start stop.

Jakarta, Otomania.com – Jangan merasa aneh kalau tiba-tiba pintu mobil tidak bisa dibuka pakai kunci remote saat parkir di tempat yang tidak dikenal. Coba tengok dulu kanan-kiri, bisa jadi Anda parkir dekat tiang pemancar atau menara BTS (Base Transceiver Station).

Kekuatan tiang pemancar menyebar frekuensi bisa mengganggu kunci remote. Dampaknya, frekuensi kunci remote terhalang hingga bikin kunci di pintu tidak bisa terbuka. Efek lainnya, bisa membuat mobil juga tidak bisa menyala.

Rekomendasi dari Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager Toyota Astra Motor buat mengatasi hal itu, dekatkan kunci remote ke modul receiver-nya. Lokasinya bisa berbeda-beda pada tiap mobil, ada yang di pilar atau dekat dasbor.

“Coba dekatkan kunci remote ke lokasi modul di dalam mobil, lalu pencet untuk membuka pintu, kadang itu bisa membantu,” ucap Iwan kepada Otomania.com, Selasa (27/6/2017).

Bila hal itu bukan solusinya, pemilik bisa membuka pintu mobil pakai kunci mekanis. Konsekuensinya, alarm bakal menyala namun jangan khawatir sebab bisa dimatikan kemudian.

Buat menyalakan mesin, terutama untuk kunci remote yang sudah keyless, dekatkan ke modul receiver yang lokasinya di rumah kunci starter. Jika belum bisa menyala juga, terpaksa mobil harus didorong menjauhi tiang pemancar.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa