Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Jitu Saat Baterai Remote “Smart Entry Key” Habis

Ghulam Muhammad Nayazri - Sabtu, 26 Desember 2015 | 07:56 WIB

Jakarta, Otomania –
Menyalakan mesin mobil, untuk beberapa model, sudah menggunakan sistem Smart Entry Key. Pemilik kendaraan hanya tinggal menekan tombol (engine start stop) saja, ketika akan menyalakan mobil, tidak perlu memasukkan kunci lagi.

Gesang Pranoto, Foreman Teknisi Toyota Auto2000 mengatakan, fitur berteknologi ini memanfaatkan sinyal dari transmitter (remote) yang berhubungan receiver yang ada di mobil. Remote ini biasa juga disebut keyless (tanpa gagang kunci).

Namun tetap ketika akan mengoperasikan atau menyalakan mobil, transmitter jangan terlalu jauh dari mobil. Kemudian, bagaimana jadinya ketika baterai transmitter atau remote habis?

“Memang ketika baterainya habis, respon bisa saja berkurang atau bahkan hilang, sehingga pengoperasian smart entry key tidak berjalan. Tapi, tidak perlu khawatir, karena ini semua sudah dipersiapkan sehingga mudah mengatasinya,” ujar Gesang, Selasa (22/12/2015).

Pertama kata Gesang, pada kunci (remote) di bagian dalamnya terdapat gagang kunci cadangan. Nantinya, ketika baterai habis, membuka pintu mobil bisa dilakukan secara manual, dengan kunci cadangan tersebut.

“Mobil dengan smart entry key tetap memiliki lubang pada bagian pintu, seperti Yaris misalnya. Jadi bisa dibuka secara manual dengan batang kunci cadangan yang ada di dalam remote,” ujar Gesang.

Kemudian kedua, lanjut Gesang, setelah berhasil membuka pintu dan duduk di kursi pengemudi, tidak perlu bingung juga saat akan menyalakan mesin dalam kondisi baterai habis. Caranya, hanya tinggal hadap dan tempelkan logo Toyota (untuk mobil Toyota) yang ada di remote smart entry key  ke tombol engine start stop dan mobil bisa menyala.

“Jadi  tempelkan saja logo Toyota yang ada di remote ke tombil engine strart stop. Dengan itu mobil bisa dihidupkan. Setelah itu segera lakukan penggantian baterai remote,” tutur Gesang.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa