Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Teknologi Immobilizer Tekan Risiko Pencurian

Ghulam Muhammad Nayazri - Jumat, 25 Desember 2015 | 09:31 WIB

Jakarta, Otomania –
Produk otomotif khususnya roda empat, sudah banyak mengadopsi teknologi-teknologi canggih, salah satunya yaitu sistem engine immobilizer. Piranti ini membuat mobil semakin aman dari risiko pencurian.

Gesang Pranoto,  Foreman Teknisi Toyota Auto2000 Cempaka Putih mengatakan, immobilizer mencegah pencurian yang terjadi pada mobil. Komponen ini memang didesain untuk fungsi tersebut.

“Jadi sistem ini sebagai pencegah mobil dapat menyala, ketika dihidupkan dengan kunci yang tidak dikenali nomor kodenya. Jadi setiap mobil memilliki kunci dengan kodenya masing-masing,” ujar Gesang kepada Otomania (22/12/2015).

Gesang melanjutkan, nantinya saat mobil coba dinyalakan dengan obeng atau kunci duplikat lain (di luar kunci yang diberkan diler resmi) maka mobil tidak akan menyala. Itu disebabkan karena transponder kunci tidak mengenali chip (berisi data yang sudah diregistrasi) kunci tersebut, sehingga pengapian dan penyaluran bahan bakar diputus oleh ECU (electronic control unit).

“Jadi transponder key amplifier akan membaca chip yang ada pada kunci asli (ketika kunci dimasukkan), kemudian menginformasikan kepada transponder ECU (ECU immobilizer) dan berlanjut ke ECU mesin, apakah mobil bisa dinyalakan atau tidak,” tutur Gesang.

Gesang menambahkan, sejauh ini memang teknologi immobilizer digunakan untuk mencegah terjadinya tindakan pencurian tehadap kendaraan roda empat khususnya.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa