Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kenali Penyebab "Remote" Mobil Bermasalah

Aditya Maulana - Senin, 30 Januari 2017 | 09:05 WIB
Kunci cadangan yang ada di dalam remote kunci.
Ghulam/Otomania
Kunci cadangan yang ada di dalam remote kunci.

Jakarta, Otomania - Mobil keluaran terbaru rata-rata sudah mengadopsi remote untuk membuka dan mengunci pintu. Namun, tidak semua model terintegrasi dengan sistem keamanan seperti alarm.

Nah, permasalahan yang sering dialami oleh pengguna mobil, yaitu tiba-tiba remote bermasalah. Misal, tidak bisa membuka dan mengunci pintu, padahal masa pakainya belum lama.

Lantas, jika seperti itu apa penyebabnya? Menurut penjelasan Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division Astra Daihatsu Motor (ADM), ada banyak faktor. Paling utama, mengalami gangguan frekuensi.

"Biasanya dilingkungan tertentu ada sinyal yang frekuensinya sama dan lebih kuat, terkadang bisa mempengaruhi," kata Anjar kepada Otomania melalui pesan singkat akhir pekan lalu.

Baca: Cara Praktis Ganti Baterai Remote Mobil

Faktor kedua, lanjut Anjar bisa karena habis baterai. Tetapi, biasanya terjadi jika masa pakainya sudah lama atau lebih dari tiga tahun.

"Kalau frekuensi memang jarang sekali terjadi, mobil sudah lama dipakai bisa juga karena baterai," ucap dia.

Solusinya, jika dekat dengan tiang pemancar BTS, radio dan lain sebainya, pemilik kendaraan tersebut bisa memindahkan jauh dari jangkauan benda itu.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa