Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Langkah Darurat Kunci Mobil Patah

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 29 Desember 2016 | 08:25 WIB


Jakarta, Otomania – Kejadian apes bisa menimpa siapa saja, tidak kecuali pemilik mobil yang akan menyalakan kendaraannya. Situasi terburu-buru membuat kunci mobil tiba-tiba patah dan meninggalkan sebagian anak kunci di dalam rumah kunci.

“Biasanya karena kunci dimasukkan kantung celana lalu tidak sengaja diduduki, tanpa sadar sedikit bengkok. Kedua, menggunakan bahan duplikat kualitas rendah sehingga kunci tidak sekuat kunci bawaan pabrikan,” ucap Asen dari Afel Variasi MGK Kemayoran, Rabu (28/12/2016).

Bila saat kunci patah sudah menyalakan mesin, cara paling mudah adalah dengan membawa langsung ke tukang kunci. Lain cerita bila mesin belum menyala, pemilik harus berusaha mengeluarkan anak kunci dari lubang kunci.

Menurut Asen langkah darurat yang bisa dilakukan adalah dengan mencoba menyambungkan potongan kunci di dalam lubang dengan bekas patahan anak kunci. Cukup ditekan lalu coba diputar untuk menyalakan mesin.

Cara kedua adalah dengan memberi perekat besi di pangkal anak kunci. Tempelkan di bagian ujung kunci yang berada di dalam lubang kunci, keringkan dan lalu coba putar saat sudah menempel.

“Ini langkah darurat untuk menyalakan mesin. Jika harus membongkar rumah kunci biayanya berkisar Rp 300 ribu. Bila anak kunci bisa di cabut, segera buat duplikat kunci, biayanya berkisar Rp 40 ribu sampai Rp 60 ribu,” ucap Asen.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa