Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ternyata Helm Bisa Rusak Walau Jarang Dipakai

Aditya Maulana - Jumat, 16 Juni 2017 | 03:25 WIB
Helm Baru KYT dan INK
Aditya Maulana - Otomania
Helm Baru KYT dan INK

Jakarta, Otomania.com - Mungkin banyak yang belum tahu, kalau helm jarang dipakai akan menjadi cepat rusak. Bahkan, bisa lebih cepat daripada digunakan setiap hari.

Bagian yang cepat rusak, dijelaskan Mugiyono, Engineering R&D KYT, yaitu karet. Sebab, suhu di tempat penyimpanan lebih lembab, dan jarang terkena angin.

"Usia pakai helm idealnya itu sekitar dua tahun, tetapi kalau tidak pernah dipakai bisa satu tahun atau paling lama satu setengah tahun sudah mulai timbul getas pada karetnya," kata Mugiyono di kawasan Jakarta Pusat pekan lalu.

Contoh kasus, Mugiyono pernah menemukan beberapa helm yang rusak akibat tidak pernah dikeluarkan dari etalase toko atau tempat lainnya. Paling sering terjadi, rusak bahkan bisa hancur pada bagian karetnya.

"Selain masa pakai, helm juga ada batasannya juga, biasanya bisa dilihat di kode produksi. Misalnya hanya untuk dua atau tiga tahun saja," ucap dia.

Mugiyono menyarankan, sebaiknya jika punya helm kesayangan harus sering dipakai. Tetapi jangan menyimpan di atas kaca spion atau bagasi motor ketika parkir, karena bisa menyebabkan cepat rusak juga.

"Lebih baik disimpan di tempat penitipan helm, selain aman bisa juga lebih awet," ujar Mugiyono.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa