Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Simak Cara Mencuci Helm yang Benar

Aditya Maulana - Rabu, 14 Juni 2017 | 03:25 WIB
Membersihkan helm.
Motorcycle
Membersihkan helm.

Jakarta, Otomania.com - Helm bukan hanya sekedar alat pelindung kepala ketika naik sepeda motor. Namun, tetap harus dirawat seperti dicuci setiap satu atau dua bulan sekali.

Fungsinya, untuk menghilangkan bakteri atau kotoran yang menempel terutama di bagian dalam atau busa. Tetapi, ketika mencuci jangan sembarangan, karena dapat merusak salah satu bagian penting, yaitu lapisan EPS.

Lantas, bagaimana cara benar membersihkan atau mencuci helm? Mugiyono, Engineering R&D KYT menjelaskan, paling utama membuka semua lapisan busa yang ada di dalam helm.

"Setelah itu hanya cukup dibersihkan menggunakan sikat dan sabun, lalu keringkan dan pasangkan lagi," kata Mugiyono ketika ditemui Otomania.com di kawasan Jakarta Fair 2017 akhir pekan lalu di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Usahakan, lanjut dia jangan mencuci bagian lain selain busa. Apalagi, jika lapisan EPS dicuci atau disikat bisa mengurangi masa pakai atau kualitas dari helm itu sendiri.

"Helm itu masa pakainya sekitar dua tahun, lebih dari itu pasti ada komponen yang sudah mulai rusak. Jadi kalau mau mencuci, lakukan saja sendiri dan cara mengeringkannya juga bisa dengan kipas angin, asal jangan terlalu basah ketika mencucinya," ujar dia.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa