Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ketahui Ini Bila Setrum Aki yang Soak

Febri Ardani Saragih - Rabu, 31 Mei 2017 | 13:09 WIB
Ilustrasi perawatan aki pada mobil
personal.neacelukens.com
Ilustrasi perawatan aki pada mobil

Jakarta, Otomania.com – Sebelum jalan-jalan atau mudik di libur Lebaran, ada baiknya pemilik kendaraan mengecek kondisi aki dari sekarang. Bila usia pakainya tinggal sedikit lagi, lebih baik diganti daripada menyusahkan nanti.

Usia pakai aki umumnya satu sampai dua tahun. Jika sudah sampai soak direkomendasikan ganti aki baru buat kenyamanan dan keamanan pemilik kendaraaan.

Aki soak tidak ada obatnya. Mengisi lagi energi aki pakai perangkat charger hanya berlaku sementara dan tidak disarankan. Alasannya, kemampuan aki yang sudah masuk masa pensiun menyimpan energi telah menurun.  

Baca: Bedanya Aki Soak dengan Kurang Setrum

“Kalau memang mau disetrum lagi pastikan pakai yang slow charge, kira-kira waktunya sampai delapan jam. Kalau quick charge dia akan tambah menurunkan ketahanan aki,” kata Dadi Hendriadi, General Manager Technical Service Toyota Astra Motor, Selasa (30/5/2017).

Menurut Dadi indikator yang biasanya terdapat pada aki tidak menjelaskan semua tentang kondisi kesehatannya. Cara paling akurat mengeceknya yaitu pakai alat ukur yang ada di bengkel.

Waspada buat yang ingin mudik, jangan sampai aki tiba-tiba mati dalam perjalanan. Luangkan waktu sebentar buat memeriksa aki ke bengkel sekaligus mempersiapkan kondisi mobil seluruhnya buat mudik. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa