Sambil Tunggu Buka Puasa, Cek Kondisi Air Aki Mobil

Aditya Maulana - Selasa, 30 Mei 2017 | 10:05 WIB
Ilustrasi perawatan aki pada mobil
personal.neacelukens.com
Ilustrasi perawatan aki pada mobil

Jakarta, Otomania.com - Salah satu kegiatan ngabuburit yang bisa dilakukan pemilik mobil, yaitu mengecek kondisi air aki. Sebab, dapat dikerjakan sendiri, tanpa harus datang ke bengkel.

Langkah awal, dijelaskan Iwan Abdurahman selaku General Repair Service Manager Toyota Astra Motor (TAM), yaitu membuka kap mesin, kemudian langsung melihat kondisi aki.

"Tetapi sebelumnya beli dulu air akinya. Jangan salah, beli yang Air Accu, jangan Accu Zuur, karena keduanya berbeda," kata Iwan kepada Otomania.com melalui pesan singkat, Senin (29/5/2017).

Menurut Iwan, Accu Zuur itu isinya H2SO4, asam sulfat atau fungsinya untuk mengisi aki baru. "Jika digunakan untuk menambah air aki, berat jenis air akinya menjadi tidak menentu, dan umur aki juga bisa lebih cepat," kata dia.

Jika kondisi air aki berkurang, maka langsung isi dengan air aki khusus menambahkan. Isi semua lubang yang dirasa kurang, dan jangan sampai melebihi batas maksimal.

"Setiap aki punya batas maksimal, jadi perhatikan juga batasnya itu. Bisa membuat aki lebih awet. Umur aki, sekitar 2 tahunan," kata pria asal Bandung itu.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa