Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lakukan Ini Setelah Cuci Biar Mobil Tidak Karatan

Febri Ardani Saragih - Selasa, 16 Mei 2017 | 09:25 WIB
Ilustrasi
autolavaggioeuropa
Ilustrasi

Jakarta, Otomania.com – Rajin mencuci tanda pemilik sayang sama mobilnya. Namun, kalau mencuci tanpa ditutup dengan perilaku benar ternyata malah bisa bikin mobil punya penyakit karatan.

Mencuci berarti menggunakan air, sedangkan air merupakan salah satu unsur yang dibutuhkan untuk menyebabkan karat. Jadi, pastikan setelah mencuci seluruh bagian mobil bebas dari genangan air.

Air gampang dibersihkan pada bodi atau bagian yang kelihatan mata. Tetapi, buat yang tidak kelihatan mata, apalagi yang tidak terjangkau, misalnya di balik bodi, biasanya luput dari pembersihan.

Hendrik Susilo, Manager Pemasaran PT Terang Parts Indonesia sebagai distributor merek lapisan anti-karat Protera, berbagi tips buat mengatasi hal itu, yaitu membawa mobil jalan setelah dicuci. Gunanya agar genangan air berkurang karena bodi mobil bergoyang.

cuci mobil hidrolik bisa maksmial bersihkan kotoran di kolong mobil.
Stanly/Otomania
cuci mobil hidrolik bisa maksmial bersihkan kotoran di kolong mobil.

“Biasanya ‘penyakit’ orang Indonesia itu sehabis cuci mobil enggak dijalanin lagi. Kalau posisinya datar, air itu enggak akan terbuang loh,” kata Hendrik, Sabtu (6/5/2017).

Dia menjelaskan contoh kasusnya, yaitu saat air turun dari kaca menuju bagian dalam pintu. Saat sudah sampai ke bagian dasar, air akan sulit keluar sebab lubang tempat keluarnya terbatas. Menurut Hendrik itulah salah satu penyebab mengapa bagian bawah pintu banyak ditemukan karatan.

“Sebetulnya cuci mobil itu paling benar pagi-pagi, karena habis itu kan langsung dipakai. Karena kita enggak pernah tahu air ‘nyelip’ di mana saja,” ucap Hendrik. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa