Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perlukah Mobil Pakai Lapisan Anti-karat Tambahan?

Febri Ardani Saragih - Sabtu, 6 Mei 2017 | 19:49 WIB
Rawat kolong mobil hindari dari korosi karat.
Stanly/Otomania
Rawat kolong mobil hindari dari korosi karat.

Jakarta, Otomania.com – Sebagian besar mobil merek terkenal sudah menggunakan lapisan anti-karat saat memproduksi mobil. Dari kacamata produsen sebenarnya konsumen tidak perlu lagi menambahkan lapisan anti-karat produk aftermarket, lalu bagaimana tanggapan pebisnis aftermarket?

Baca: Mobil Toyota Tidak Perlu Tambah Anti-karat

Hendrik Susilo, Manager Pemasaran PT Terang Parts Indonesia sebagai distributor merek lapisan anti-karat Protera mengakui mobil-mobil modern, bahkan yang diproduksi di Indonesia, sudah dilengkapi dengan lapisan anti-karat. Meski begitu pelapis aftermarket tetap dibutuhkan buat proteksi tambahan.

Proses electro dipping di bagian pengecatan di pabrik kedua Toyota Motor Manufacturing (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat. Metode ini sekaligus membuat lapisan anti karat di bodi mobil.
Febri Ardani/KompasOtomotif
Proses electro dipping di bagian pengecatan di pabrik kedua Toyota Motor Manufacturing (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat. Metode ini sekaligus membuat lapisan anti karat di bodi mobil.
Dia mengibaratkan seperti pelapis anti-gores yang dipakai pada ponsel. Kendati produsen ponsel mengatakan layar sudah anti-gores, tetap saja konsumen memasang lapisan tambahan.

“Jadi sebenarnya anti-karat kami itu melengkapi tambahan luarnya untuk mencegah karat lagi. Kalaupun ada karat, yang kena di luarnya dulu,” kata Hendrik di Indonesia International Motor Show (IIMS), Sabtu (6/5/2017).

Keuntungan buat konsumen, jelas Hendrik, memiliki proteksi tambahan buat anti-karat. Selain itu, pelapis anti-karat ini dikatakan bisa membantu peredaman meningkat 10 – 15 persen dan aplikasinya dijamin aman buat komponen sil di kolong mobil.

Setiap pemasangan Protera diberikan garansi anti-karat selama lima tahun untuk mobil baru dan tiga tahun buat mobil bekas. Hendrik mengatakan lapisan anti-karat aftermarket sebagai tindah pencegahan, bukan sebagai obat yang menyembuhkan karat pada mobil.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa