Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Cara Cuci Mobil ala Profesional

Setyo Adi Nugroho - Senin, 3 Oktober 2016 | 07:45 WIB

Jakarta, Otomania – Bagi sebagian orang, mencuci mobil adalah kegiatan perawatan kendaraan yang paling mudah. Mencuci mobil memberikan efek tampilan mobil kesayangan lebih terawat dan kilau cat yang mempesona.

“Kendaraan itu sebaiknya setiap hari dicuci. Cuaca di Indonesia, yang panas dan hujan bergantian, memudahkan timbulnya oksidasi yang merusak permukaan cat mobil,” ucap Eddy Halim dari Carindo, distributor Nano Ceramic di Jakarta saat ditemui Otomania, Sabtu (1/10/2016).

Nah, Eddy yang berpengalaman dalam hal perawatan mobil ini membagikan tips mencuci mobil yang tepat. Cara ini juga dilakukan detail perawatan kendaraan profesional untuk menangani klien mereka.

Pertama siapkan dua ember. Satu ember berisikan air biasa, ember lainnya sudah dicampur dengan sabun cuci khusus mobil. Usahakan sabun ini memiliki Ph seimbang. Persiapan lainnya adalah aplikator berupa busa atau kain lembut (microfiber) khusus cuci mobil.

Pencucian dimulai dengan membilas mobil dengan air untuk menghilangkan kotoran halus di permukaan. Celupkan aplikator ke ember berisi sabun. Bersihkan mulai dari bagian atas kendaraan.

“Kita bagi tiga area. Mulai dari atas terdiri dari atap dan kaca. Bagian kedua bawah kaca sampai tiga per empat bodi kendaraan. Lalu terakhir bagian bawah kendaraan,” ucap Eddy.

Setelah selesai satu bagian, celupkan aplikator ke dalam ember berisi air bersih, bilas sampai bersih. Lalu celupkan ke ember berisi sabun, dan mulai lagi bersihkan mobil. Lakukan berulang sampai dirasa cukup.

“Ini fungsi dua ember tersebut. Supaya aplikator juga bersih dari kotoran yang menempel, maka harus ada ember bersih untuk membilas aplikator,” ucap Eddy.

Setelah itu lakukan pengeringan dengan lap khusus. Proses pengelapan agar cepat, gunakan dua tangan yang menggunakan lap khusus pengeringan.

"Jadi tangan kanan lapnya menyisakan air 70 persen, langsung di lap dengan tangan kiri. Pengeringan jadi lebih cepat," ucap Eddy.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa