Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perhatikan Bagian Ini Saat Cuci Sepeda Motor

Setyo Adi Nugroho - Jumat, 29 Juli 2016 | 17:05 WIB

Jakarta,Otomania – Salah satu perawatan sepeda motor adalah dengan mencuci sepeda motor. Bagi pemilik motor yang mementingkan tampilan motor yang bersih, kegiatan membersihkan motor ini bisa dilakukan sendiri atau menggunakan jasa pencucian motor.

Meski sepeda motor dipastikan tidak mengalami masalah bila terkena air. Ada baiknya perhatian terhadap beberapa bagian motor, saat pencucian diutamakan agar terhindar dari masalah.

“Kalau cuci motor biasa pasti tidak ada masalah. Desain sepeda motor sudah melindungi komponen yang rentan kena air. Berbeda jika melakukan pengerjaan detail atau motor sudah mengalami modifikasi, kemungkinan akan timbul masalah bila kena air. Pengetahuan tentang komponen yang kemungkinan masalah kena air juga penting,” ucap Joddy Ario, dari bengkel Joddy Motor, saat ditemui Otomania, Kamis (28/7/2016).

Perhatian utama bila proses pencucian sampai mencopot bodi kendaraan, pastikan tahu cara dan proses yang benar mencopot bodi. Pastikan dilakukan dengan alat yang tepat dan nanti cara pengembalian bodi juga bisa presisi.

Kedua, untuk motor dengan knalpot modifikasi baiknya menutup lubang knalpot agar tidak kemasukan air. Modifikasi knalpot biasanya mengubah arah lubang knalpot sehingga mudah kemasukan air. Gunakan plastik atau busa pada bagian ujung knalpot.

Terakhir, jika ada ubahan pada kelistrikan, baiknya disampaikan pada petugas pencucian. Informasi ini untuk menghindari kemungkinan kerusakan komponen kelistrikan tersebut rusak setelah dicuci.

“Bawel sedikit dengan memberikan instruksi tidak masalah. Pemilik motor yang paling tahu kondisi sepeda motornya. Ubahan seperti penambahan lampu atau sirene biasanya rentan dengan air. Sampaikan agar pengerjaan pencucian juga lancar tanpa kendala,” ucap Joddy.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa