Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ada Pita Penggaduh di Jalan, Ini Fungsinya

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 10 Mei 2017 | 10:05 WIB
Ilustrasi pita penggaduh
Kemenhub
Ilustrasi pita penggaduh

Jakarta, Otomania.com – Salah satu intrumen pada jalan raya yang kerap ditemui adalah pita penggaduh. Biasanya intrumen ini ditempatkan pada perlintasan sebidang, menjelang sekolah atau gerbang tol yang berbahaya bila berjalan terlalu cepat.

”Fungsinya hampir sama dengan polisi tidur yakni untuk mengurangi kecepatan laju kendaraan bermotor. Selain itu juga untuk meningkatkan kewaspadaan pengemudi pada area-area yang membutuhkan perhatian lebih,” ucap Anondo Eko, praktisi keselamatan berkendara saat dihubungi Otomania, Selasa (9/5/2017).

Pita penggaduh biasanya dibuat dengan menempatkan pita secara berdekatan. Efek yang timbul adalah getaran yang tidak nyaman di kemudi untuk menjaga konsentrasi pengemudi.

Untuk melewati pita penggaduh disarankan untuk tidak mengurangi kecepatan secara ekstrem. Cukup angkat pedal gas saat melewatinya.

Posisi kedua tangan tetap berada di lingkar kemudi dan perhatikan kondisi jalan di depan. Ini untuk mempersiapkan diri objek atau halangan di depan yang akan ditemui.

”Pita penggaduh ini dibuat pasti ada tujuannya seperti gerbang tol atau turunan curam atau jalan di depan yang berbelok tajam. Konsentrasi pengemudi yang paling dibutuhkan,” ucap Eko.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa