Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tingkatkan Tenaga Yamaha R25

Setyo Adi Nugroho - Senin, 8 Mei 2017 | 17:55 WIB
ECU GEt Athena untuk R25
Athena
ECU GEt Athena untuk R25


Jakarta, Otomania.com – Bagian mesin sepeda motor selalu menjadi sasaran ubahan oleh pemilik yang menginginkan tenaga lebih daripada mesin bawaan. Salah satu yang dilakukan adalah dengan mengganti perangkat electronic control unit (ECU) sebagai otak sepeda motor dengan produk aftermarket.

Sayangnya ubahan ECU tidak selalu mudah dilakukan. Pasalnya ubahan bagian elektronik selalu membutuhkan proses pengaturan rumit untuk mendapatkan efek positif dari penggantian tersebut.

Untuk menghindari proses panjang tersebut, di pasaran saat ini hadir ECU jenis plug & play. Salah satunya ECU Get dari Athena, produsen asal Italia, yang menghadirkan ECU khusus Yamaha R25.

”Peranti ini cukup mudah penggunaannya, tinggal colok, tidak perlu lama di bengkel. Motor siap jalan. Jika untuk kebutuhan balap baru dilakukan proses setting ulang,” ucap Brahmantio Prayogo dari bengkel Sportisi Motorsport (SM), Senin (8/5/2017).

Perbedaaan yang dirasakan adalah suara berisik mesin R25 hilang, meski digeber sampai kecepatan tertinggi. Akselerasi tidak drop, tarikan naik dari putaran bawah sampai atas. Hasilnya dalam pengujian, penggantian ECU dapat meningkatkan power hingga 2 tk.

Bagi yang ingin mengatur ulang ECU ini disediakan software terpisah untuk memaksimalkan kinerja motor. Pengturan yang bisa dilakukan adalah durasi derajat, timing pengapian, rasio bahan bakar dan udara serta beberapa pengaturan lainnya. Biaya yang dikenakan untuk pengaturan saja adalah Rp 2,5 juta.

Pengetesan dengan ECU standar R25, didapat tenaga maksimal 33.87 tk di 13.500 rpm dan torsi 20.85 Nm pada 11.500 rpm. Selanjutnya motor ini berganti komponen dengan dicolokkan ECU Get hingga mendapatkan hasil 35,86 tk di 13.900 rpm dengan torsi didapat 21.27 Nm di 11.200 rpm.

Bagi yang tertarik dengan modifikasi ini, ECU Get Athena dibanderol dengan harga Rp 6 juta. Ubahan ini bisa jadi jalur cepat untuk mendapatkan tambahan tenaga untuk motor sport R25.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa