Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jokowi Minta Alih Teknologi Otomotif

Azwar Ferdian - Selasa, 25 April 2017 | 13:25 WIB
Presiden RI Joko Widodo meresmikan pabrik baru Mitsubishi di Cikarang, Jawa Barat, Selasa (25/4/2017).
Ghulam N/KompasOtomotif
Presiden RI Joko Widodo meresmikan pabrik baru Mitsubishi di Cikarang, Jawa Barat, Selasa (25/4/2017).

Jakarta, Otomania.com - ‎Indonesia adalah lokasi menjanjikan buat investasi otomotif mengingat setiap tahun penjualan mobil mencapai 1,1 juta unit dan sepeda motor lebih dari 6 juta unit.

Memandang semakin banyaknya investasi otomotif di dalam negeri, Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menuntut lebih banyak alih teknologi buat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

‎Jokowi mengatakan investasi penting buat bangsa, karena itu investor jangan dipersulit agar perekonomian bisa bertumbuh. Salah satu dampak investasi yang menguntungkan adalah dibukanya peluang pekerjaaan.

"Supaya makin banyak rakyat kita yang mendapat pekerjaan karena investasi membuka lapangan kerja. Artinya yang tadinya menganggur bisa jadi bekerja‎," kata Presiden saat meresmikan pabrik baru Mitsubishi di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (25/4/2017).

‎Pabrik Mitsubishi yang akan memproduksi Pajero Sport dan MPV Sejuta Umat itu berdiri di atas lahan seluas 51 hektar dengan kapasitas 160.000 unit per tahun. Pendirian pabrik ini sanggup menyerap 3.000 tenaga kerja.

Jokowi mengatakan para investor menganggap Indonesia adalah pasar menjanjikan, sebab itu investasi akan terus berlanjut. Berkesinambungan dengan itu berarti  makin banyak lapangan kerja tersedia.

‎"Karena itu kita harus pastikan SDM kita bisa memenuhi kebutuhan industri atas investasi di Indonesia. Ini salah satu pilar pemerataan kebijakan ekonomi‎," ucap Jokowi.

Pemerintah telah menempuh jalur sekolah dan pelatihan vokasi buat memenuhi SDM berkualitas. Jokowi mengatakan p‎emerintah akan terus mengeluarkan kebijakan yang bakal menemukan kecocokan kerja antara vokasi dan industri. Penguatan bakal dilakukan di sektor otomotif, pariwisata, dan perhubungan.

"Dalam investasi di berbagai industri saya berharap ada alih teknologi. Terus melakukan pelatihan SDM lokal, bagus juga disiplin tinggi Jepang bisa ditularkan ke Indonesia. Jangan ragu melibatkan putra-putri Indonesia karena SDM indonesia aslinya pintar-pintar semuanya," kata Jokowi.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa