Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tuas Transmisi Calya-Sigra “Menghilang” Saat Gelap

Febri Ardani Saragih - Rabu, 12 April 2017 | 11:29 WIB
Transmisi otomatis Sigra menghilang saat gelap.
Istimewa
Transmisi otomatis Sigra menghilang saat gelap.

Jakarta, Otomania.com – Ada salah satu masalah sederhana namun bisa mengganggu yang dialami pemilik Daihatsu Sigra dan Toyota Calya, yaitu tuas transmisi otomatisnya “menghilang” saat gelap.

Penyebabnya, tidak ada pencahayaan di sekitar tuas sebagai penanda posisi mana yang sedang aktif.

Salah satu pemilik Calya, sebut saja Tono domisili Depok, beberapa waktu lalu mengatakan, kesulitan mengetahui posisi tuas transmisi saat berkendara pada malam hari. Saat itu kondisi kabin menjadi gelap. Dia lebih percaya melihat posisi transmisi langsung pada tuas walaupun sudah paham petunjuk soal itu ada di instrument cluster.

Kabin Sigra
Stanly/Otomania
Kabin Sigra

Lokasi tuas transmisi itu di tengah, menyatu dengan dasbor. Pada otomatis, pilihan rasio transmisi yaitu P, R, N, D4, 3, dan 2. Masing-masing punya fungsinya sendiri-sendiri.

Pada kondisi normal, posisi yang dipakai D4. Lalu jika butuh rasio penggantian gigi lebih panjang bisa pindah ke 3 atau 2. Penggantian antar pilihan itu juga jadi kendala karena tidak kelihatan, lagipula letaknya rapat.

Transmisi otomatis Sigra menggunakan 4-percepatan. Sigra dan saudaranya, Calya, punya situasi yang sama. Kedua model itu diproduksi Astra Daihatsu Motor. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa