Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Agya 1.2L Meluncur, Bagaimana Nasib Etios Valco?

Febri Ardani Saragih - Kamis, 6 April 2017 | 11:17 WIB
Toyota Etios Valco masih terlihat diproduksi di pabrik kedua Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat, Senin (19/12/2016).
Febri Ardani/KompasOtomotif
Toyota Etios Valco masih terlihat diproduksi di pabrik kedua Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat, Senin (19/12/2016).

Jakarta, Otomania.com - Toyota Astra Motor (TAM) rencananya bakal meluncurkan model baru, Agya dengan mesin 1.2L, pada 7 April 2017. Posisinya bakal mengisi segmen hatchback 1.2L yang selama ini seperti kita tahu sudah diisi oleh Etios Valco.

Secara segmen dua model itu sebenarnya berbeda sebab dimensi Etios Valco lebih besar dari Agya. Namun isunya TAM sedang mempersiapkan pengisi segmen hatchback 1.2L, biar tidak kosong bila Etios Valco akhirnya berhenti  ‎dijual.

Sepanjang Januari - Maret, menurut Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager Vehicle Sales Operation TAM, Etios Valco hanya laku 80 unit per bulan. Dia mengatakan meski kecil peminatnya tetap ada.

Walau begitu, lagi-lagi rumor soal pensiunnya model produksi lokal Toyota itu mencuat lagi. Soerjopranoto menjawab tidak saat ditanya apakah Etios bakal stop dijual setelah Agya 1.2L meluncur. Artinya, dua model itu bakal dijual bersamaan, entah sampai kapan.

Agya 1.2L masuk produk kategori Low Cost Gren Car (LCGC). Soerjopranoto masih tertutup soal harganya, namun dikatakan memenuhi batas atas yang diatur dalam regulasi LCGC.

Harga Agya 1.2L berada di antara Agya 1.0L (Rp 116,9 juta - Rp 139,6 juta) dan Calya (Rp 134,6 juta - Rp 147,6 juta). Sedangkan Etios Valco dilego Rp 150,5  juta - Rp 177,8 juta.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa