Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kemudi Mobil Berat Sebelah, Ini Solusinya

Setyo Adi Nugroho - Senin, 27 Maret 2017 | 08:25 WIB
interior Datsun Go Panca
stanly
interior Datsun Go Panca

Jakarta, Otomania.com – Pernah merasakan kemudi mobil lebih condong ke satu sisi dibanding yang lain? Atau terasa berat di satu sisi dan mobil bergerak tidak lurus saat kemudi dilepas?

Ini sempat dialami ketika Otomania.com turut hadir dalam acara Datsun Risers Expedition (DRE) 2 beberapa waktu lalu. Mobil Datsun yang digunakan bergerak condong ke kiri sehingga kemudi harus sedikit ditahan agar mobil bergerak sesuai keinginan.

Penasaran dengan apa yang menimpa kendaraan, Otomania langsung menanyakan pada Agit Prasetya, kepala mekanik Nissan Datsun Pettarani Makassar. Menurut Agit ada dua penyebab masalah ini.

“Biasanya ada pada ban dan pada kaki-kaki. Kalau kita periksa dua komponen ini sumbernya,” ucap Agit.

Pengguna dapat melihat kondisi tekanan udara pada ban. Jika cenderung ke arah kiri artinya kondisi ban di kiri kurang tekanan udara. Pengguna cukup menambahkan tekanan udara agar kembali seperti rekomendasi pabrikan ban.

Jika ternyata tekanan ban normal artinya ada masalah di kaki-kaki. Ini bisa terjadi akibat benturan saat menghajar lubang jalan yang membuat komponen kaki-kaki terpengaruh.

“Untuk masalah ini, pengguna harus membawa kendaraan menuju bengkel rekomendasi. Biasanya ada masalah pada komponen tie rod untuk sistem kemudi. Solusinya harus dilakukan spooring,” ucap Agit.

Sebagai bentuk perawatan, kendaraan di sarankan untuk melakukan spooring setiap 10.000 kilometer dan balancing 5.000 km sekali. Ini akan membuat kenyamanan selama berkendara lebih terjaga terutama pada kendaraan yang digunakan harian.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa