Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Motor Sport Berteknologi TWB, Jangan Asal Cuci

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 16 Maret 2017 | 09:05 WIB
MV Agusta adakan kampanyekeselamatan berkendara dan tes ride Brutale 800
Otomania/Setyo Adi
MV Agusta adakan kampanyekeselamatan berkendara dan tes ride Brutale 800

Jakarta, Otomania.com – Teknologi throttle by wire (TBW) memudahkan pengendara sepeda motor untuk melakukan setting karakter mesin saat berkendara. Hanya dengan menekan tombol yang berada di kemudi, mode berkendara bisa dipilih sesuai selera.

Teknologi ini belakangan paling banyak dibicarakan pada produk Honda CBR250RR. Padahal awal mula teknologi ini hadir di motor bermesin besar, salah satunya MV Agusta.

Motor dengan teknologi TWB ternyata menyimpan potensi masalah terutama saat dilakukan perawatan. Apa itu?

Ilustrasi cuci motor
http://4.bp.blogspot.com/
Ilustrasi cuci motor

“Motor yang memiliki teknologi throttle by wire biasanya memiliki permasalahan saat dicuci. Pemilik jarang memperhatikan bagian sensor yang terdapat pada tuas gas,” ucap Febby Sagita, Ketua MV Agusta Club Indonesia saat ditemui beberapa waktu lalu.

Perhatian khusus saat mencuci motor dengan teknologi TBW adalah tidak menyemprot dengan air bertekanan ke arah sensor. Meski teknologi TBW sudah weather proof namun bila dicuci menggunakan air bertekanan bisa menyebabkan kerusakan.

“Jika error biasanya saat dibuka tuas gas, tidak mengisi alias kosong. Kadang brebet juga. Ini karena sensor tidak memberikan informasi ke Electric Control Unit,” ucap Febby.

Salah satu cara memperbaiki kerusakan ini adalah dengan mengeringkan bagian sensor dengan angin bertekanan secara hati-hati. Bila terbilang parah biker hanya perlu set ulang ECM.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa