Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pentingnya "Paddock Stand" untuk Motor Sport

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 16 Maret 2017 | 08:45 WIB
MV Agusta meluncurkan Brutale 800 di Indonesia, baru tersedia lima unit, dan sudah ludes terjual.
Aditya Maulana/KompasOtomotif
MV Agusta meluncurkan Brutale 800 di Indonesia, baru tersedia lima unit, dan sudah ludes terjual.

Jakarta, Otomania.com – Sepeda motor yang jarang digunakan ternyata berpotensi menyimpan banyak masalah. Biasanya adalah jenis motor hobi atau modifikasi seperti motor besar (moge) atau jenis sport.

Motor yang banyak dimiliki kalangan pehobi ini hanya menggunakan motornya saat tertentu. Untuk jenisnya mulai dari motor sport bermesin kecil hingga mesin besar atau moge.

“Motor yang diam itu membuat komponen yang sebenarnya diciptakan untuk gerak menjadi rentan rusak. Misal gir, rantai, serta suspensi bisa getas atau karatan,” ucap Febby Sagita, Ketua MV Agusta Club Indonesia saat ditemui beberapa waktu lalu.

Kerusakan lebih rentan hadir saat motor sport diam mengandalkan standar samping. Komponen yang bisa terpengaruh adalah ban.

Showroom moge bekas
Otomania/Setyo Adi
Showroom moge bekas

Saat motor menggunakan standar samping kedua ban masih menapak pada permukaan tanah. Ini menyebabkan masalah ban dengan sisi tak beraturan atau flat.

“Apalagi untuk motor sport yang suka dibawa ke sirkuit, yang telah diganti menggunakan ban lunak. Kalau didiamkan akan berpengaruh ke kondisi karet ban,” ucap Febby.

Febby menyarankan, pemilik motor sport memiliki standar tambahan atau yang biasa disebut paddock stand. Ini untuk merawat kondisi ban motor agar selalu siap pakai.

Selain itu, usahakan tekanan ban selalu diperiksa sesuai standar pabrikan. Apabila tidak digunakan tekanan bisa dilebihkan atau tetap sesuai standar karena suhu udara di dalam ruangan tidak berpengaruh besar mengurangi tekanan pada ban.

Dipasaran, harga paddock stand dibanderol mulai Rp 200.000 hingga Rp 1 jutaan. Tergantung bahan dan model yang diinginkan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa