Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kupas Tuntas Honda New Mobilio (Bagian 3)

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 14 Februari 2017 | 16:52 WIB
Test drive Honda New Mobilio di Pulau Bali
HPM
Test drive Honda New Mobilio di Pulau Bali

Jakarta, Otomania.com – Setelah puas membahas bagian eksterior dan interior Honda New Mobilio, bagian terakhir yang membuat penasaran adalah performa dan pengendalian. Apakah ada peningkatan atau ubahan dengan model terdahulu?

New Mobilio masih menggunakan mesin 1.5L SOHC i-VTEC. Di atas kertas mesin ini mampu menghasilkan tenaga 116 dk di putaran mesin 6.600 rpm dan torsi 145 Nm di putaran 4.600 rpm.

Untuk memaksimalkan tenaga ini, Honda memasangkan transmisi CVT dengan Earth Dream Technology. Selain itu untuk mengkonversi pedal gas berakselerasi, Honda menggunakan Drive by Wire yang mengontrol buka tutup katup yang diklaim lebih hemat bahan bakar.

Baca: Kupas Tuntas Honda New Mobilo (Bagian I)

Gejala cukup mengganggu terjadi saat kaki membejek pedal gas secara tiba-tiba. Terasa ada jeda waktu sampai kemudian tenaga mesin membuat kendaraan berakselerasi. Namun Honda sebenarnya sudah menyediakan transmisi dengan mode S dan L bila hendak mendapatkan tenaga secara cepat untuk menyalip kendaraan atau di tanjakan.

Berada di balik kemudi New Mobilio yang menjadi kelebihannya adalah area sudut pandang yang luas. Selain itu, desain baru pada bagian depan mobil ini membuat posisi pengemudi terasa sedikit lebih tinggi dari model terdahulu.

Kemudi New Mobilio juga cukup cepat bereaksi sesuai dengan keinginan pengemudi. Terbukti saat melewati jalan-jalan di Denpasar yang cukup padat, tidak ada kesulitan bermanuver dengan MPV tujuh penumpang ini. 

New Mobilio diuji di Pulau Bali
HPM
New Mobilio diuji di Pulau Bali

Menarik di simak, Honda menyematkan beragam fitur keamanan kelas atas di New Mobilio. Fitur seperti ABS + ABD, Hill Start Assist (HSA) dan juga Vehicle Stability Assist (VSA). 

Fitur HSA memudahkan pengemudi saat berhenti di tanjakan curam dan harus menjalankan mobil. Tanpa perlu menggunakan rem tangan, cukup memindahkan posisi kaki dari pedal rem ke pedal gas, kendaraan tidak akan bergerak mundur.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa