Perbandingan Harga Cat Mobil Pinggir Jalan dan Bengkel Resmi

Aditya Maulana - Rabu, 1 Februari 2017 | 07:45 WIB
Aktivitas di bengkel bodi dan cat Mitsubishi di Lampung.
KTB
Aktivitas di bengkel bodi dan cat Mitsubishi di Lampung.

Jakarta, Otomania - Bengkel cat bodi mobil, khususnya di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya cukup beragam. Mulai yang berdiri di pinggir jalan hingga resmi dari masing-masing merek.

Setiap bengkel, entah itu pinggir jalan atau resmi punya keunggulan masing-masing. Kalau bukan resmi, sudah pasti harga lebih terjangkau, tetapi di tempat yang didirikan pabrikan masalah kualitas tidak bisa diragukan lagi.

Nah, kali ini Otomania akan melakukan komparasi harga pengecatan bodi mobil, mulai bengkel di pinggir jalan hingga resmi berstandar pabrikan.

Bengkel Pinggir Jalan

Salah satu bengkel cat pinggir jalan yang ada di jalan raya Alu-alu, Rawamangun, Jakarta Timur.
Aditya Maulana - Otomania
Salah satu bengkel cat pinggir jalan yang ada di jalan raya Alu-alu, Rawamangun, Jakarta Timur.
Otomania melakukan wawancara dengan beberapa orang yang membuka usaha cat pinggir jalan, tepatnya di Jalan Kramat Raya, Salemba, Jakarta Pusat dan Jalan Alu-alu, Rawamangun, Jakarta Timur.

Iyus mekanik bengkel cat pinggir jalan di Kramat Raya mengatakan, harganya berkisar dari Rp 150.000 hingga jutaan rupiah. Tergantung seberapa besar dan banyak yang akan dicat.

"Kalau hanya tergores sedikit saja itu Rp 150.000, tetapi yang jutaan rupiah itu biasanya banyak atau beberapa panel," kata Iyus saat ditemui Otomania, Selasa (31/1/2017).

Ungkapan serupa juga dilontarkan Himawan, pemilik bengkel pinggir jalan di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur. Menurut dia, banderol dilihat berdasarkan jumlah dan besar permasalahan.

"Ada juga yang datang untuk menghilangkan goresan kecil, itu hanya Rp 100.000, tetapi kalau mengecat per panel dari Rp 250.000 hingga jutaan rupiah juga," kata Himawan.

Bengkel Resmi

Bengkel Bodi dan Cat Mitsubishi di Bekasi, Jawa Barat.
Aditya Maulana - Otomania
Bengkel Bodi dan Cat Mitsubishi di Bekasi, Jawa Barat.

Sementara di bengkel resmi, Otomania bertanya kepada beberapa merek, seperti Daihatsu, Mitsubishi dan Toyota. Masing-masing mematok harga berbeda, namun perbedaannya tidak terlalu signifikan.

Menurut Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division Astra Daihatsu Motor (ADM), harga dimulai Rp 500.000 hingga Rp 800.000 per panel. Sedangkan untuk seluruh bodi bisa mencapai jutaan rupiah.

Selanjutnya, menurut Iwan Abdurahman, Repair Service Manager Workshop Departement Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM), harganya tergantung per panel dan jenis bahan apa yang digunakan.

"Rentan harganya dari Rp 700.000 hingga Rp 1,5 juta. Rata-rata menggunakan per panel," ucap Iwan kepada Otomania, Selasa (31/1/2017).

Terakhir, Supriyono, Manager Bodi dan Cat PT Sun Star Motor Mitsubishi mengatakan, harga pengecatan tergantung panel dan model mobil. Namun, range dari Rp 650.000 hingga Rp 850.000 per panel.

"Kita mengecat per panel, tinggal dihitung saja berapa banyak yang akan dicat," kata Supriyono kepada Otomania, Selasa (31/1/2017).

Nah, sekarang tergantung dari pemilik mobil mau pilih mengecat di bengkel pinggir jalan atau resmi. Masing-masing punya keunggulan dan kekurangannya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa