Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Intip Proses Kerja Bengkel Cat dan Bodi Mitsubishi

Stanly Ravel - Jumat, 28 Oktober 2016 | 07:52 WIB

Bandung, Otomania - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KT) bersama PT. Wicaksana Berlian Motor resmi membuka diler bodi dan cat di Bandung, Jawa Barat. Diler ini pun menjadi authorized pertama yang memiliki fasilitas pengerjaan bodi dan pengecatan dengan standar Mitsubishi Motor Corporation (MMC).

Dalam proses pengerjaan, PT Wicaksana Berlian Motor Bandung memiliki beberapa proses tahapan. Mulai mobil datang sampai keluar dalam kondisi bodi dan cat yang baru.

Tahap pertama adalah estimasi. Hal ini meliputi pengecekan kendaraan. Setelah semua dilakukan tinggal dibuatkan rincian serta perjanjian biaya.

"Mobil masuk, untuk kita periksa tingkat kerusakannya separah apa, lalu kita buat estimasi di service advisor, kemudian dibuatkan perjanjian biaya," ujar Dadang, Service Manager Bodi dan Cat PT. Wicaksana Berlian Motor, kepada wartawan di Bandung, Kamis (27/10/2016).


Setelah perjanjian tersebut disetujui, selanjutnya ke tahap perbaikan atau pengerjaan. Dalam tahap ini mobil tidak langsung disentuh catnya, tapi dibetulkan bagian bodi yang lecet, baret, atau bahkan sasis yang rusak.

"Untuk peralatan kita sudah lengkap, bila ada yang penyok di bodi bisa kita buat normal lagi. Semua dikerjakan tidak asal, tapi sudah ada instruksi manualnya," ucap Dadang.

Lanjut ke tahap berikutnya adalah dempul area bodi kendaraan yang akan di cat. Metode pengamplasan tidak lagi menggunakan cara konvensional tapi sudah dengan dry sanding, atau amplas kering tanpa air. Hal ini dilakukan agar hasil lebih maksimal dan efesien dalam hal waktu.


Setelah proses dempul, dilanjutkan masuk ke area masking. Di area masking, bagian bodi kendaraan yang tidak dicat ditutup. Setelah itu, persiapan pengecatan, dengan campuran cat utk membuat warna yang sesuai dengan aslinya.

"Masuk ke pengecatan di spray booth, ada tiga proses, pengecatan surface atau dasar, pengecatan top coat dan pengecatan clear coating. Dan akan didiamkan sampai cat kering kurang lebih 20-30 menit," ucap Ariebowo, Head of MMC Service Business Planning Section, PT KTB di waktu yang sama.


Lalu proses yang terakhir adalah pemolesan dan pemeriksaan akhir. Tahapan akhir ini mobil kembali dimasukan ke ruang oven, setelah di oven lalu finishing dipoles, memeriksa hasil cat. "Warna baru dan lama harus sama," kata Ariebowo.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa