Fitur Lengkap Speedometer All New Yamaha R15

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 1 Februari 2017 | 07:25 WIB
Panel meter baru Yamaha R15.
Donny A/KompasOtomotif
Panel meter baru Yamaha R15.

Jakarta, Otomania – Komponen speedometer atau penunjuk kecepatan pada sepeda motor sport memang jarang dilirik untuk dibahas. Namun dengan kehadiran All New Yamaha R15, perangkat ini juga menjadi arena adu fitur antara pabrikan untuk memuaskan biker penggemar kecepatan.

Yamaha memberikan ubahan full digital speedometer di R15 terbaru. Di model terdahulu penunjuk kecepatan hadir dengan perpaduan manual dan digital. Kini selain tampilan juga disematkan beberapa fitur.

Para rival sekelasnya yakni Honda CBR150R dan Suzuki GSX-R 150 sudah menggunakan teknologi layar LCD. Langkah Yamaha membuat R15 tidak ketinggalan jaman terlebih desainnya yang sederhana namun modern dengan ukuran layar yang cukup lebar.

Fitur yang menarik pada layar Multi Information Display (MID) ini adalah shift timing light, dimana lampu akan menyala saat putaran mesin paling optimal menghantarkan tenaga. Fitur ini juga dapat diatur mode kedipannya seperti berkedip sesekali atau berkedip cepat.

All New R15 diperkenalkan di Indonesia
Otomania/Setyo Adi
All New R15 diperkenalkan di Indonesia

Fitur menarik lainnya adalah pengaturan pada putaran berapa shift timing light akan menyala. Pilihannya dimulai dari putaran mesin 9.000 rpm sampai 13.000 rpm.

“Disediakan untuk disesuaikan dengan kebutuhan biker untuk penggantian transmisi. Bisa diatur mau menyala di putaran mulai dari 9.000 rpm sampai 13.000,” ucap Ferry, tim Service Education Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) saat ditemui disela perkenalan Yamaha R15 terbaru di Sirkuit Sentul beberapa waktu lalu.

Selain itu, layar LCD ini dapat memuat nama pemilik dengan jumlah enam huruf. Tidak lupa petunjuk waktu dan posisi gigi transmisi hadir dengan jelas di sudut perangkat ini.

Kehadiran digital speedometer ini cukup membuat biker merasakan perpaduan motor yang racy dan mewah dari sudut area kemudi. Ketika dijajal berkendara di tengah sengatan matahari, karena besarnya layar, membuat semua indikator dapat terbaca dengan jelas.

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X