Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

R15 Lawas Bisa Pakai Komponen R15 Terbaru, tetapi...

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 25 Januari 2017 | 09:05 WIB
All New Yamaha R15
Otomania/Setyo Adi
All New Yamaha R15

Jakarta, Otomania – All New Yamaha R15 hadir dengan beberapa ubahan signifikan dari segi penampilan maupun teknologi. Perubahan tersebut antara lain suspensi upside down (USD), ban dengan tapak lebih lebar, dan penggunaan teknologi VVA.

Perubahan ini tentu membuat pemilik R15 gigit jari. Pasalnya, ubahannya tidak hanya penampilan namun mencapai keseluruhan desain R15 sendiri. Tapi apakah ada bagian R15 terbaru ini yang bisa digunakan pada model terdahulu?

Menurut Ferry, teknisi dari Service Education Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), bagi pemilik R15 lawas bisa saja bila berkeinginan mengganti beberapa bagian motor dengan yang baru. Namun ada konsekuensinya.

“Misal mau pakai USD di R15 lama, maka akan berpengaruh pada desain keseimbangan bobot motor. R15 lama sudah seimbang, begitu ditambahkan USD bisa jadi keseimbangannya berubah,” ucap Ferry saat ditemui di Sirkuit Sentul, Senin (23/1/2017).

Yamaha R15 rival Honda CBR 150
Otomania/Setyo Adi
Yamaha R15 rival Honda CBR 150

Ubahan pada R15 terbaru dibanding model lama antara lain perubahan pivot mesin yang sebelumnya lebih rendah menjadi agak tinggi. Otomotis perubahan ini juga membuat desain lengan ayun berbahan aluminium berbeda.

“Lengan ayun ini misalnya, ada ubahan dengan penambahan rusuk lengan ayun agar lebih rigid. Kalau R15 lama mau diubah semua tidak bisa,” ucap Ferry.

Menurut Ferry ubahan pada motor sport baiknya melihat unsur kestabilan dengan melihat pembagian bobot kendaraan. Bila ubahan membuat kesimbangan berubah maka motor menjadi tidak stabil.

“Kalau hanya untuk penampilan boleh saja. Tapi bila memikirkan untuk performa, kestabilan, ubahan pada motor baiknya dipikirkan secara matang karena part baru membuat bobotnya tidak sama,” ucap Ferry.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa